Home People Who Inspire Charles Dubu: Menebar Pesan Positif Lewat Menggambar Kartun

Charles Dubu: Menebar Pesan Positif Lewat Menggambar Kartun

209
0
SHARE

Charles adalah satu dari begitu banyak kartunis yang masih setia menekuni hobinya, walaupun bukan menjadi pekerjaan utamanya. Lewat hobinya menggambar kartun, Charles berusaha menyebarkan inspirasi dan semangat positif bagi penikmat kartunnya. Penasaran, seperti apa Charles dan hobinya ini? Yuk, disimak bincang-bincang singkat kontributor Basodaracom dengan Charles.

 

Halo, Charles! Bisa perkenalkan diri ke pembaca Basodaracom?

Nama lengkap saya Charles Nov Anderson Dubu. Hobi saya menggambar kartun dan karikatur, main musik, dan mendengarkan lagu-lagu lawas.

Kalau Charles hobinya menggambar, apakah pekerjaan sekarang berkaitan dengan menggambar juga? Atau hanya sebatas hobi saja?

Memang pekerjaan saya sekarang ada kaitannya dengan menggambar, karena sekarang saya sedang bergabung dengan konsultan perencana teknik sipil, khususnya bidang jalan raya sebagai drafter/juru gambar. Tapi gambar yang saya kerjakan dalam pekerjaan yang digeluti berbeda dengan gambar yang sering saya gambar dalam hobi saya. Pekerjaan saya menyangkut gambar teknik, sedangkan hobi saya menggambar kartun. Jadi menggambar kartun memang sebatas hobi saja. Hehehe.

 

Oh, ternyata begitu. Ngomong-ngomong soal menggambar kartun, apakah Charles mempunyai brand atau nama khusus untuk mengumpulkan karya-karya kartunnya?

Saya rutin menggambar sejak SD, tapi untuk punya ‘merek’ itu saya mulai dari 2010, namanya PaintArt. Namanya seperti itu karena semua gambarnya saya gambar dengan aplikasi Paint via komputer. Namun, sejak 2014, saya ubah menjadi ‘brand’ yang baru, berupa gambar-gambar kartun dengan nama CD’s Toon. CD dari nama inisial saya. Hehehe.

 

Menarik sekali! CD’s Toon sendiri menggambar kartun bertemakan apa?

CD’s Toon sendiri temanya beragam, tergantung ide yang muncul di otak saya. Hahaha. Bisa bertemakan hal-hal rohani, bisa bertemakan isu-isu hangat yang beredar, bisa bertemakan kritik, bisa tentang orang-orang di sekitar saya, bisa tentang hal-hal lucu dalam bentuk komik strip atau gambar kartun biasa. Pokoknya macam-macam. Tidak ada alasan-alasan khusus memilih tema-tema tersebut. Yang penting, sesuai dengan motto saya dalam menggambar: ‘Aku gambar apa yang aku suka, dan aku suka apa yang aku gambar’. 😀

Kecuali tentang gambar yang bertemakan rohani, memang punya maksud dan alasan tersendiri, ya untuk berbagi pesan mengenai hal-hal rohani kepada teman-teman. 🙂

 

Apakah CD’s Toon sudah pernah terlibat dalam proyek-proyek kolaborasi?

Belum pernah, sih. Pernah ada aktivis yang minta dibuatkan komik sebagai bentuk protes kepada pemerintah, tapi tidak saya kerjakan karena memang tidak ada niat. Bukan hal yang saya suka, jadi saya tidak mau bergabung.

 

Charles sendiri punya tokoh favorit atau sosok yang menginspirasi dalam bidang gambar-menggambar kartun?

Banyak! Kalau boleh, saya sebut satu per satu. Hahaha. Fumiya Sato yang menciptakan anime Detektif Kindaichi, Stan Lee dari Marvel, Zen Pencils yang saya tahu lewat Instagram. Dalam negeri, ada Marcos A Roy dan pasangan Benny-Mice. Marcos A Roy dan Benny-Mice ini cukup mempengaruhi gaya menggambar saya. Sejak SMP, bisa berjam-jam saya duduk menatap gambar buatan Marcos A Roy di Majalah GFresh untuk mempelajari bagaimana bisa membuat lekukan gambar seperti miliknya Marcos.

 

Bagaimana pandangan Charles tentang gambar kartun di NTT?

Untuk anak NTT, khususnya Kota Kupang karena saya domisilinya di Kupang, sangat banyak jagoan-jagoan menggambar. Buktinya, kalau pas perayaan lulusan SMA, banyak yang seragamnya digambar ini-itu, banyak pula gambar kartun, hahaha. Tapi banyak kartunis jago yang belum mau mengembangkan atau melanjutkan bakatnya dalam menggambar. Banyak pula yang tidak mau memposting atau memamerkan hasil karya mereka. Mungkin kelemahannya di situ, ya. Di Kupang juga setahu saya belum pernah ada festival-festival atau acara-acara khusus untuk kartunis, jadi untuk wadahnya sendiri belum ada. Hasil karya anak Kupang, walau tidak semuanya begitu, paling top selesai di belakang buku pelajaran yang digambar-gambar pas jam kosong di kelas, dipagar-pagar, atau di baju pas acara lulusan SMA. 😀

Harapan saya, makin banyak teman-teman kartunis yang mau untuk mengembangkan bakatnya. Karena menurut saya, kartunis rata-rata otodidak, bakat alam, walau tidak dipungkiri ada juga yang ikut semacam les/tutorial. Jangan malu berkarya, jangan malu memamerkan hasil karya, yang penting hasil karyanya punya pesan moral yang positif bagi orang-orang yang melihatnya.

 

Oke deh, Charles. Sekarang pertanyaan yang lebih ringan dan harus dijawab dengan cepat. Siap?

Siap!

 

Coba gambarkan dirimu dalam 3 karakter.

Jahil, suka lelucon, dan kurang bisa serius. Hahaha.

 

Tiga orang yang berpengaruh dalam hidup?

Keluarga, pacar, dan sahabat yang nama gengnya SP.

 

Hal paling menakjubkan dan tidak terlupakan dalam hidup?

Bisa jadi organis gereja.

 

Lima lagu favorit yang sedang didengarkan akhir-akhir ini?

  1. Chick n Soup – Favorite Afternoon
  2. Credence Clearwater Review – Have You Ever Seen The Rain
  3. Fools Garden – Lemon Tree
  4. Il Divo – Mama
  5. Queen – Bohemian Rhapsody

 

Pengalaman paling menegangkan yang pernah dialami?

Dikejar orangtua yang anaknya saya jahili. Hahaha!

 

Hahaha. Oke, cukup pertanyaan ringannya. Charles pernah dengar Basodaracom sebelumnya? Pendapat dan masukan Charles tentang web ini?

Tanggapan saya, saya tertarik dan mendukung, karena memang menarik nih. Memang sudah banyak yang mengangkat topik tentang pemuda-pemudi yang menginspirasi, tetapi masih sedikit sekali yang mengangkat topik tentang anak-anak dari Timur, khususnya yang berprestasi dan bisa berkarya. Secara kita tahu sendiri, dari dulu Indonesia Timur masih dapat perhatian sedikit sekali, begitu juga dengan anak-anak Timur, susah sekali dapat perhatian. Tapi dengan adanya Basodaracom, mungkin (dan rasanya bisa) membantu anak-anak dari Timur khususnya untuk bisa lebih dikenal lagi.

 

Baiklah, Charles, terima kasih telah meluangkan waktu untuk bincang-bincang singkatnya! Sukses terus dengan CD’s Toon, ya. Kami nantikan karya-karya selanjutnya

Sama-sama. Tuhan berkati selalu. 🙂

 

Nah, Basodara, demikian ngobrol-ngobrol singkat kami dengan Charles. Kalau kamu tertarik untuk mengenal Charles atau berinteraksi dengannya, bisa dikontak di akun media sosial berikut:

Facebook : CD’s Toon

Instagram : novanderson

 

Semoga bisa menginspirasi kita semua ya! Apakah ada sahabat Basodara yang juga suka menggambar kartun? 🙂

Berikan komentar anda disini..