Home People Who Inspire Dyathra Silvana Baten, Putri NTT 2013: Always be beautiful and keep stunning!

Dyathra Silvana Baten, Putri NTT 2013: Always be beautiful and keep stunning!

401
0
SHARE

The result in on God’s hand but I already feel like a winner for this chance. I will do my best to my East Nusa Tenggara.

Kontes kecantikan Putri Indonesia 2014 kembali menyapa masyarakat Indonesia. Perwakilan dari masing-masing propinsi di Indonesia akan bersaing satu dengan yang lain untuk memperebutkan mahkota Putri Indonesia dan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe. Basodara.com mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai perwakilan asal Nusa Tenggara Timur.

Perwakilan dari Propinsi Nusa Tenggara Timur adalah seorang dara cantik bernama Dyathra Silvana Baten, atau yang lebih akrab disapa Diva. Gadis kelahiran Kupang, 22 Oktober 1993, ini sedang sibuk dengan program diet, olahraga pembentukan tubuh, latihan persiapan malam bakat, berlatih public speaking serta persiapan lainnya untuk Pemilihan Puteri Indonesia 2014. Dia benar-benar fokus dengan persiapan untuk Pemilihan Puteri Indonesia 2014 ini yang acara puncaknya akan dilangsungkan pada 29 Januari 2014. Untuk itu, mahasiswi semester 5 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang ini memutuskan untuk cuti kuliah sejenak untuk persiapan PPI 2014.

Diva bercerita bahwa perjuangannya diawali di tahun 2012 dimana dia pertama kali mengikuti Pemilihan Puteri NTT 2012. Dia tertarik karena menurutnya dapat memberikan pengalaman serta meningkatkan rasa percaya ketika tampil di depan banyak orang. Di ajang itu, dia berhasil mendapatkan Runner Up 1 dan Juara Favorit. Predikat itu ternyata membuat dia berpikir bahwa butuh sebuah proses dan kesabaran yang ekstra dalam berusaha untuk menggapai sesuatu yang diimpikan. Begitu banyak kritik dan saran yang menjadi bahan refleksi bagi Diva untuk tidak berhenti melangkah dalam mencapai impiannya.

Diva jujur bahwa dia terkendala dengan berat badan. Dia dikatakan belum berpeluang untuk menang karena kendala tersebut. Tidak hanya itu, dia juga dianggap masih terlihat kaku dan belum berani tampil di depan publik. Hal inilah yang kemudian membuatnya merasa tertantang untuk mencoba sekali lagi mengikuti Pemilihan Puteri NTT di tahun 2013. Tiga bulan sebelum itu, berat badan Diva meningkat hingga 65kg sehingga dia berusaha lebih keras untuk menurunkan berat badan agar sesuai dengan kriteria yang ditentukan, Diet ketat berhasil menurunkan berat badan Diva dari yang semula 65kg menjadi 54kg. Diva menjalani semua itu dengan penuh semangat.

Cerita lain, tutur perwakilan NTT dalam Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2012 bertempat di Ubud, Bali, ini, dia harus latihan catwalk berbulan-bulan serta belajar tampil lebih percaya diri di depan publik, dan tidak lupa juga menambah wawasannya di bidang kebudayaan, pariwisata, politik, sosial, ekonomi, kesehatan, hukum, perempuan dan anak, serta isu-isu internasional.

Perjuangannya Diva berbuah manis, karena pada Grand Final 30 Juni 2013, bertempat di Grand Mutiara Ballroom dia terpilih sebagai Puteri NTT 2013. Di saat yang sama, Diva menyadari bahwa tidak ada yang namanya kegagalan. Karena sesungguhnya kegagalan merupakan sebuah proses perubahan arah sementara, untuk mengantarkan kita lurus ke arah kesuksesan. Bersyukur, berdoa, dan berusaha serta tetap rendah hati, itulah yang selalu dia pegang teguh hingga saat ini. Gelar Puteri NTT adalah awal dari serangkaian perjalanan Diva menuju mahkota Puteri Indonesia 2014. Dia ingin membuktikan bahwa dia mampu mengangkat nama NTT dan meperkenalkan NTT dengan ciri khasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. The result in on God’s hand but I already feel like a winner for this chance. I will do my best to my East Nusa Tenggara, begitu ujar juara 1 Duta Wisata NTT 2012 yang menang bersama pasangan Gerry Rudolf Liu pada tahun 2012 silam.

How would you describe yourself in one sentence?

Always be beautiful and keep stunning….

Hal menakjubkan yang pernah terjadi dalam hidup?

Berhasil menurunkan berat badan demi mengikuti Pemilihan Puteri NTT untuk lanjut ke PPI 2014…

Apa yang Diva lakukan untuk menghabiskan waktu luang?

Untuk mengisi waktu luang biasanya ngemil sambil menonton film dan hangout sesekali dengan teman-teman. Tapi karena sekarang waktu semakin sedikit menuju PPI 2014 maka ngemil pun harus di kurangi agar berat badan tetap stabil, menonton film pun di kurangi waktunya,hangout pun tidak intens seperti dulu lagi.

Already in a relationship or still single?

Haruskah ada pertanyaan ini ? Hehehe. Iya, sedang menjalin hubungan sekarang. Hehehe.. 🙂

Cowok sejati itu menurut Diva yang seperti apa?

Cowok sejati adalah dia yang berusaha menjadi lebih baik untuk yang dicintainya, dan tau bagaimana tetap tinggal pada satu hati untuk jangka waktu lama dan dalam kondisi apa pun.

Pengalaman paling menegangkan di hidup Diva yang pernah dialami?

Saat menunggu hasil pengumuman juara Puteri NTT 2013.

Pernah dengar basodara.com sebelumnya? Kalo iya, pendapat Diva tentang basodara.com?

Iya, pernah. Saya sangat bersyukur ada Basodara.com . Ternyata masih ada yang aktif menampilkan segala sesuatu mengenai NTT agar lebih dikenal masyarakat luas.

Masukan untuk basodara.com dong 😉 Pesan dan kesan?

Pesan: terus tingkatkan kreativitas, dan selalu aktif dalam hal-hal positif yang berdampak baik bagi diri sendiri, orang lain dan masa depan.

Kesan : terima kasih Basodara.com yang mau mengekspos NTT. NTT bangga ternyata masih memiliki orang-orang yang sadar bahwa NTT Perlu di tampilkan ke masyarakat luas dengan segala keunggulan yang dimiliki NTT.

Oke deh Diva, selamat berjuang meraih mimpi-mimpimu. Semua masyarakat NTT tentu akan mendukungmu. Kalian yang baca artikel ini mendukung Diva juga ‘kan? 🙂

Berikan komentar anda disini..