Home Culture Fakta – fakta menarik tentang Nusa Tenggara Timur

Fakta – fakta menarik tentang Nusa Tenggara Timur

4000
0
SHARE

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi di ujung timur Indonesia yang hingga saat ini belum begitu diekspos keberadaannya. Banyak orang, termasuk orang NTT sendiri bahkan belum mengenal lebih dalam tentang tanah mereka sendiri, padahal terdapat begitu banyak hal yang menarik dari provinsi ini yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang – orang NTT. Dua hal yang paling dikenal dari provinsi ini adalah Komodo dan Danau Kelimutu. Namun kali ini, basodara.com tidak akan membicarakan tentang komodo dan danau Kelimutu, sebab masih banyak hal yang belum dikupas mengenai Nusa Tenggara Timur, yang tentunya tidak kalah menarik dari Komodo dan Danau Kelimutu.

Karena itu, basodara.com akan memberikan beberapa fakta menarik seputar Nusa Tenggara Timur yang selama ini belum begitu dikenal secara luas oleh orang banyak. Disadur dari beberapa sumber, berikut fakta – fakta menarik seputar Nusa Tenggara Timur. Selamat membaca!

1. Jumlah pulau yang sangat banyak

ntt1.192 buah pulau. Ya, itulah total jumlah pulau yang ada di Provinsi NTT. Dari jumlah pulau sebanyak itu hanya 44 pulau yang telah dihuni manusia, sedang 1.148 pulau lainnya tidak berpenghuni. Yang lebih mencengangkan lagi, hanya 246 pulau yang telah memiliki nama. Sebanyak 946 belum diberi nama. Ingin agar nama basodara diabadikan jadi nama salah satu pulau yang ada di NTT?

 

2.Beragam suku, beragam budaya, beragam Bahasa

Dengan jumlah pulau yang banyak, tidak mengherankan kalau budaya, bahasa, bahkan tata cara dan adat istiadat masyarakat NTT sangatlah beragam. Masing – masing pulau, mulai dari Flores, Sumba, Timor, Alor, Rote, Sabu dan pulau – pulau lainnya memiliki bahasa yang berbeda, kebiasaan dan tata cara yang berbeda. Bahkan dalam satu pulau yang sama pun bahasa daerahnya bisa berbeda – beda. Pulau Timor, misalnya. Bahasa daerah Timor Tengah Selatan berbeda dengan Timor Amarasi (Amfoang), dengan Timor Tengah Utara, bahkan dengan orang Timor Betun (Atambua).

 

3.Surganya pantai di Indonesia.

Sebagai provinsi kepulauan, NTT dikelilingi oleh lautan yang luas. Karena itu NTT juga memiliki beragam pantai yang keindahannya tidak kalah dari pantai – pantai di Bali dan Nusa Tenggara Barat. Di Pulau Timor ada beberapa pantai dengan panorama yang memanjakan mata seperti Pantai Wini, Pantai Kolbano, Pantai Lasiana, Pantai Tablolong, Pantai Oetune. Di Pulau Flores ada Pantai Pink, taman 17 laut, Pantai Koka. Di Pulau Sumba ada Pantai Nihiwatu yang masuk 20 besar pantai terindah di dunia, Pantai Bwana, di Rote ada Pantai Nembrala yang sering menjadi tempat ajang selancar internasional tiap bulan September – Oktober. selain beberapa pantai ini, masih banyak lagi pantai – pantai yang ada di NTT dengan keindahannya tersendiri

 

4.NTT punya taman laut terbaik di dunia

Ya, Taman Laut Selat Pantar yang ada di Pulau Alor merupakan salah satu taman laut terbaik di dunia. Meskipun tidak se-populer taman – taman laut yang ada di Indonesia seperti Bunaken, Raja Ampat, Berau dan lainnya, tapi taman laut selat pantar merupakan salah satu destinasi favorit para penyelam kelas dunia dari Amerika, Australia, Austria, Inggris, Belgia, Belanda, Jerman, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa negara di Asia. Dengan 26 titik diving yang ada, taman laut ini memberikan kesan tersendiri bagi para penyelam yang pernah menjelajahinya. Simak saja pengakuan dari Ken Parker, salah satu penyelam kelas dunia dari Amerika Serikat yang menyatakan “More big fish, prolific swarming masses of schools than anywhere I’ve seen in 20 years of diving.” Ada pula Michael AW, fotografer asal Singapura yang menyatakan bahwa Taman Laut Selat Pantar Merupakan salah satu tempat diving kelas dunia!

 

5. Kaya akan tradisi

Masih ingat cerita Presiden Joko Widodo yang kaget ketika disambut warga NTT dengan ciuman hidung? Nah, ciuman hidung adalah salah satu tradisi yang ada di NTT yang sangat amat kental di setiap suku – sukunya. Ada yang unik, ada yang menarik, ada yang sakral hingga ada yang terkesan mengerikan. Tradisi cium hidung di kalangan Suku Sabu yang menandakan kekeluargaan, atau suguhan sirih pinang sebagai penyambut tamu di Suku Dawan (Timor). Pasola di Sumba, atau Caci di Flores, hingga tradisi Semana Santa yang biasa berlangsung pada saat paskah di Pulau Flores.

 

6.Agama Leluhur yang masih lestari

Mayoritas masyarakat NTT memeluk agama Kristen, baik itu Protestan maupun Katholik. Agama – agama yang dibawa dari luar tersebut hingga sekarang masih hidup berdampingan dengan agama – agama asli suku – suku di NTT. Ada Marapu di Sumba, ada Jingitiu di Sabu, ada Halaik di Timor, serta beberapa kepercayaan animisme dan dinamisme di beberapa suku. Baik ataupun buruk, salah ataupun benar, hal ini merupakan salah satu bentuk perwarisan historis dari suku – suku yang ada di NTT secara turun temurun.

 

7.“The Hobbit” berasal dari Flores

Basodara tentu ingat dengan sosok Bilbo Baggins dalam film Trilogi Lord of The Rings ataupun trilogi The Hobbit. Masih ingat dengan ukuran tubuhnya? Nah ternyata basodara, pada tahun 2003 di situs penggalian Liang Bua, Flores, ditemukan spesies manusia purba yang memiliki ukuran tubuh sama dengan “hobbit.” Penemuan ini merupakan hal yang luar biasa, sebab spesies manusia purba yang diberi nama Homo Floresiensis hingga saat ini masih terus menerus diperbincangkan dan ditelusuri keberadaannya oleh para ilmuwan.

the hobbit1

 

8.Mas Kawin (belis) yang super wow!

Nah, yang terakhir ini basodara.com mau kasih bocoran buat yang akan menikah dengan orang NTT atau berencana punya pasangan orang NTT. Umumnya mas kawin, atau yang dikenal dengan sebutan belis dalam suku – suku yang ada di NTT terbilang wah. Jumlah belis yang harus diserahkan kepada keluarga calon mempelai biasanya dipatok sangat tinggi, ditambah dengan seserahan barang atau benda – benda sakral yang terkadang membuat orang kelimpungan dalam mengurus penikahan. Karena itu, janganlah heran jika untuk menikahi seorang perempuan Flores kita akan disuruh untuk menyerahkan gading gajah, atau untuk seorang perempuan Alor kiita diharuskan untuk menyerahkan Moko, puluhan ekor kuda untuk seorang perempuan Sumba, atau bahkan puluhan hewan ternak seperti sapi dan babi untuk menikahi seorang perempuan Timor.

Terlihat materialistis, bukan? Namun itulah budaya. Hal tersebut menunjukkan bahwa suku – suku di NTT umumnya sangat menghargai pernikahan, dan bahwa dalam sebuah ritual pernikahan, yang disatukan bukan hanya lelaki dan perempuan, setapi seluruh keluarga besar pun ikut disatukan. Belis yang fantastis tersebut menunjukkan bahwa seorang perempuan memiliki posisi yang sangat tinggi, sehingga harus diberikan penghargaan setinggi mungkin untuk bisa mendapatkannya.

     Bagaimana basodara, sudah siap menikahi perempuan NTT? jangan lupa siapkan kocek yang tebal, ya. 🙂

Nah, basodara. Itulah beberapa fakta menarik yang ada di Nusa Tenggara Timur yang dikumpulkan dari beberapa sumber. Jika basodara punya fakta – fakta yang menarik seputar NTT dan ingin untuk ditampilkan dalam tulisan ini, silahkan dikirimkan ke hello@basodara.com dengan subjek : “fakta tentang NTT”. Ditunggu karya – karya terbaiknya.

 

Salam,

Basodara.com

 

Berikan komentar anda disini..