Home Travel Timur&TopiJerami Paradiso Tana Poso | Timur & Topi Jerami

Paradiso Tana Poso | Timur & Topi Jerami

1279
0
SHARE

Poso, salah satu tempat dengan pantai terbaik di Sulawesi Tengah, yang keindahan sempat kalah terdengar dengan konflik horisontal yang sempat melanda daerah ini. Disaat daerah ini mulai bangkit kembali dari keterpurukannya akibat konflik kepentingan, saya mencoba menjelajahi beberapa ‘surga’nya.

02 - imbo

Pantai Imbo merupakan salah satu spot snorkeling terbaik di kota ini. Jaraknya hanya 15 menit dri kota Poso membuat pantai ini menjadi tempat berakhir pekan terbaik oleh warga poso. Jangan lupa untuk membawa peralatan snorkle, mask dan fin buat kamu yang ingin snorkeling di pantai ini karena sejauh pengamatan saya, belum tersedia tempat penyewaan alat disini.

 

03 - bakau

Apabila kamu menyisir jalan tepi pantai, kamu akan menemukan salah satu desa tepi pantai yang asri, Kamalea. Bicara soal tanaman bakau, kita perlu turut berpartisipasi dalam pelestarian tanaman bakau. Setau ane, tanaman bakau ini sangat membantu lahan pesisir pantai dari abrasi, selain itu bakau juga menjadi habitat bagi mahluk hidup lainnya, mulai dari burung-burung eksotis, hingga ikan-ikan kecil. Apabila ada ikan kecil, pasti ikan besar ada sebagai pemburu. dengan ini, keseimbangan ekosistem dapat terjaga.

 

04 - kamalea

Dengan modal nekat, saya melanjutkan perjalanan menyususri pesisir pantai sejauh 20km, menemukan banyak spot-spot yang kaya. Di ujung desa Kamalea, terdapat salah satu pantai yang sangat eksotis, Pantai Kamalea, dengan air laut yang jernih, gelombang lautnya yang tenang, pasir putihnya yang halus serta tanaman bakau yang menambah eksotisnya tempat ini. Saya tidak banyak melihat pengunjung di pantai ini. Dasar pantai pasir putih yg landai sekitar 30-an meter, lalu kita bisa menemukan terumbu karang beserta biota laut lainnya yang msh sangat asri.

 

05 - kapompa

Tidak jauh dari Kamalea, ada satu pantai yang masih tersembunyi yang keindahannya gak kalah pastinya. Secret beach ini masuk dalam wilayah desa Kapompa, pasirnya yang putih dan warna lautnya bikin agan ingin langsung menceburkan diri tanpa terganggu dengan terik mataharinya. Karena jauh dri pemukiman, kita bakalan kesulitan buat menemukan fasilitas untuk makan dan minum. jadi intinya, bawalah rantang sebesar mungkin.

 

06 - nelayan

Sebagai daerah yang dianugerahi dengan kekayaan pantainya, Lautan yang kaya menjadi salah satu mata pencaharian sebagian besar warga pesisir Poso. Dalam perjalanan saya bertemu dengan seorang ibu yang menggotong Red Snapper, harga yang diberikan sangat terjangkau untuk kualitas ikan yang bagus dan sangat segar ini. Bayangin aja ikan sesegar ini dibakar lalu terbaring indah dihadapanmu dengan dabudabunya. Amazed banget bisa nikmati ikan sesegar ini, karena ane menjalani hidup 10 tahun terakhir di kota besar yang ikan laut yang udah 7 kali mati.

 

07 - makanan

Tiap berkunjung ke daerah, jangan lupa menikmati makanan lokal gan. Saya berkunjung ke pasar tumpah yang menjual berbagai makanan siap makan, jalan liat kiri kanan sambil telan ludah. Ayam rica-rica, gan. Jangan lupa coba dabu-dabu yang sangat tersohor itu.

 

08 - sunrise

Sungai Poso, yang bewarna kehijauan, dengan berbagai mitos tentangnya, sungai yang membelah Kota Poso menjadi dua bagian ini menjadikannya begitu misterius dalam eksotisnya. Menikmati indahnya sunrise di sungai Poso.

 

09 - end

Kelapa kering yang jatuh dari pohon di tepi pantai ini, bagi yang belum tahu kenapa distiap pesisir pasti bnyak kelapa. Ini adalah salah satu alasannya, kelapa kering ini bakalan hanyut ketempat lain hingga terdampar, kemudian mulai bertunas hingga tumbuh menjadi pohon baru. Demikianlah cerita singkat mengenai pantai-pantai di Tana Poso. Masih banyak pantai yang belum saya angkat dalam cerita ini. Mungkin ini bisa buat kamu berkunjung ke Poso untuk menikmati keindahannya langsung. Warna gradasi biru lautnya yang bikin mimisan, keramahan warganya, ikan bakarnya, menjadi alasan yang kuat buat kamu datang kemari. Mari bantu berdoa untuk kedamaian agar tetap terjaga di tanah ini. Saya percaya satu hal, dibandingkan konflik yang terjadi disini, keindahan alam Tana Poso ini mampu berbicara lebih banyak dimata dunia. Mari bantu sebarkan keindahan Tana Poso sebagai bagian dari indahnya Indonesia.

 

tana poso

How to go there?

Carilah penerbangan tujuan Palu (PLW), kemudian melanjutkan perjalan ke Poso dengan Bus dengan tarif mulai dari Rp.80.000,- atau naik mobil travel bertarif Rp. 130.000,-. Perjalanan menuju Poso ditempuh dalam 5 jam perjalanan. Kamu juga dapat mencari penerbangan ke Poso dari Palu atau Makassar, dengan jadwal penerbangan 3 kali dalam seminggu.

Where to stay?

Tersedia beberapa penginapan dari yang sederhana, mulai dari Rp. 100.000,- per malam.

 

#indonesiabapa #karenakitasemuabasodara

🙂

Berikan komentar anda disini..