Home Travel Timur&TopiJerami Tentena | Timur & Topi Jerami

Tentena | Timur & Topi Jerami

1909
0
SHARE

Kali ini kita mengunjungi sebuah kota kecil yang memiliki beragam keunikan alamnya. Tentena merupakan Ibu kota Kecamatan Pamona yang berada di tepi danau terbesar di Pulau Sulawesi. Dari Kota Palu menuju Tentena ditempuh dalam 7 jam perjalanan darat. Mari kita lihat lebih dekat keberagaman alam kota cantik ini.

02

kondisi geografisnya yang berada di tepian air tawar mempengaruhi budaya dan kehidupan masyarakat di kota ini. Pemukiman di tepi danau yang cantik, serta baganbagan ikan air tawar yang menjadi salah satu bahan kuliner andalannya. rasanya ada yang kurang apabila kamu belum menikmati ikan mujair khas Tentena, yang dagingnya terasa lebih manis dibandingkan ikan sejenis yang kita temui ditempat lain. Nampak di kejauhan adalah jembatan legendaris yang tebuat dari kayu yang sudah ada disana sejak jaman penjajahan belanda.

 

03

Festival Danau Poso adalah salah satu upaya pemerintah yang dilaksanakan untuk mengenalkan sekaligus memajukan periwisata Tentena dan daerah sekitarnya. Sayangnya venue FDP ini sudah sedikit terbengkalai. Buat nampak rerumputan yang tingginya mencapai 1,5 meter menutupi halaman depan di hampir setiap bangunan venue FDP.

04

Panorama point merupakan kawasan hutan pinus yang masih terjaga keasriannya. Menjadi salah satu tempat favorit buat motret model atau prewedd, seperti sodari saya yang menjadi model dadakan ini. Jangan lupa bawa lotion anti nyamuk kalo gmau jadi pendonor darah gratis bagi rombongan nyamuk disini. Dari atas sini juga kita bisa melihat kecantikan kota Tentena, dan tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi kamp.

 

05

ini dia salah satu air terjun terunik di Indonesia, dengan bentuk yang menyerupai susunan payung, kita bisa merasakan atmosfir yang sangat berbeda jika berada diatasnya. membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dari tentena menuju air terjun Saluopa.

 

06

Menurut warga sekitar air terjun ini dulunya lebih indah dan airnya jauh lebih deras dari sekarang. Mungkin dikarenakan menurunnya jumlah mata air di bagana hulu sungai dan sedikit banyak pengaruh dari pemanasan global.

 

 

07

Berada di bawah air terjun utama yang tingginya mencapai 12 meter. Kalau kamu tertantang, berdirilah tepat dibawah air terjunnya, untuk menikmati terapi energi yang seru dipunggungmu, nikmati setiap galon air yang menghantam tubuhmu.

 

08

Diantara deretan air terjunnya, terdapat genangan air layaknya kolam yang sangat seru buat berenang. Rasakan sensasi lompat dari pepohonan ke sungai, seperti tarzan men.

 

09

Ini dia danau terbesar di Pulau Sulawesi. Dari Tentena menuju Siuri dapat ditempuh dalam 1.5 jam perjalanan. Sepanjang jalan kita akan melihat beragam lansekap alam yang cutup mengaggumkan, multi dari persawahan, tepian danar poso, hutan hujan, juga beberapa perkampungan kecil. Pasirnya yang kekuningan menjadi salah satu keunikan daerah ini yang menakjubkan buat saya.

 

10

Keindahannya yang menakjubkan bercampur dengan berbagai cerita rakyat yang membuat danau ini begitu memiliki pesona. Salah satu cerita yang masih membekas di ingatanku adalah kisah keluarga yang tinggal di daerah tepian danau yang neneknya memiliki kembaran seekor buaya pada zaman dahulu. mereka hidup berdampingan antara satu dan lain. salah satu bukti kuatnya adalah sebuah foto yang di abadikan oleh para missionaris belanda yang kini tersimpan disalah satu museum di Belanda. Dalam foto tersebut tampak beberapa anak sedang menaiki seekor buaya yang panjangnya sekitar 4 meter di tepian danau. Sungguh kejadian yang sulit dipercaya pada jaman modern ini. Btw, ini bukan salah satu dari cerita rakyat diatas gan, ini hanya sodari ku yang menjadi model dadakan.

 

11

Demikianlah sedikit cerita tentang keindahan Kota Tentena dan sekitarnya, semoga menjadi alasan buat kamu untuk berkunjung ketempat ini. Buatlah sebuah cerita dan berbagilah cerita tersebut kepada orang lain sebelum cerita itu hilang dalam ingatanmu. Tetaplah bersyukur karena kamu dilahirkan di negeri yang indah ini walaupun memiliki berbagai drama yang membuat kita jenuh sebagai warga Indonesia, namun itu bukan menjadi alasan kamu buat tidak mencintai Indonesia lagi. Salah satu hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk membuktikan kecintaanmu itu adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan di setiap tempat yang kamu kunjungi. Mari bersama menjaga alam kita untuk kehidupan yang lebih baik. Indonesia itu indah kawan!

 

tentena

How to go there?

Carilah penerbangan tujuan Palu (PLW), kemudian melanjutkan perjalan ke Tentena dengan Bus ber tarif mulai dari Rp.120.000,- atau naik mobil travel bertarif Rp. 150.000,-. Perjalanan menuju Tentena ditempuh dalam 7 jam perjalanan. Kamu juga dapat mencari penerbangan ke Poso dari Makassar, dengan jadwal penerbangan 3 kali dalam seminggu, kemudian melanjutkan perjalanan darat sekitar 2 jam menuju Tentena.

Where to stay?

Tersedia beberapa penginapan dari yang sederhana, mulai dari Rp. 100.000,- per malam.

 

#karenakitasemuabasodara #indonesiabapa

Berikan komentar anda disini..