Home Uncategorized Beginilah Cara Portugal Tak Lagi Mengkriminalisasi Pengguna Narkoba

Beginilah Cara Portugal Tak Lagi Mengkriminalisasi Pengguna Narkoba

132
0
beginilah-cara-portugal-tak-lagi-mengkriminalisasi-pengguna-narkoba

VICE membuat seri dokumenter baru bertajuk The War On Drugs Show. Dalam dokumenter ini, kami menyorot kebijakan kriminalisasi kepemilikan narkoba di berbagai negara. Perang terhadap narkoba adalah kebijakan yang rutin diambil banyak pemerintahan, dengan asumsi penangkapan, hukuman penjara, serta menambah anggaran kepolisian akan senantiasa efektif mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap substansi kimia berbahaya.

Masalahnya, seperti logika pelarangan alkohol di masa lalu, pendekatan semacam itu tidak selalu berhasil. Jaringan kriminal terorganisir seakan-akan selalu selangkah di depan penegak hukum.

Maka, penting untuk membandingkan pendekatan berbeda saat menangani penyalahgunaan narkoba. Dalam episode kali ini, contoh yang disorot adalah Portugal. Negara tetangga Spanyol itu sejak 2001 tidak lagi mengkriminalisasi pengguna atau orang yang kedapatan memiliki narkoba. Portugal memilih pendekatan rehabilitasi untuk mengatasi problem sosial tersebut.

Pendekatan Portugal akan dibandingkan dengan Filipina, yang empat tahun terakhir menjalankan perang narkoba brutal, menembak mati ribuan pengguna maupun terduga pengedar.

Manakah kebijakan yang lebih efektif menurunkan statistik penyalahgunaan narkoba? Simak penilaian VICE lewat video yang ada di awal artikel.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE News.