Home Uncategorized Cara Mengapresiasi Pemandangan Sehari-hari yang Riil di Negaramu Lewat Susunan LEGO

Cara Mengapresiasi Pemandangan Sehari-hari yang Riil di Negaramu Lewat Susunan LEGO

271
0
cara-mengapresiasi-pemandangan-sehari-hari-yang-riil-di-negaramu-lewat-susunan-lego

Penggemar LEGO di seluruh dunia telah menciptakan patung dan monumen raksasa hanya dengan bermodalkan imajinasi dan beberapa set balok plastik yang mereka koleksi. Belum lama ini, desainer industri di Vietnam menggunakan mainan ini untuk menirukan pemandangan ikonik yang dia temukan sehari-hari.

Lelaki yang tinggal di Hanoi mulai mengoleksi LEGO pada 2010. Selama dua tahun pertamanya, dia fokus menyusun balok sesuai keinginannya semasa kecil. Tapi pada 2012, Hoang tergerak menciptakan desainnya sendiri. Dalam pencariannya, lelaki 31 tahun itu tertarik menjelajahi objek yang ada di sekitarnya.

Miniatur tukang becak LEGO

Miniatur tukang becak LEGO

Menurut Hoang, keberagaman komunitas LEGO global memungkinkan siapa saja untuk “[menciptakan] sesuatu [dari] latar belakang dan pengalaman mereka” masing-masing.

“Saya ingin memberikan sedikit sentuhan Vietnam dalam susunanku,” tuturnya. Dia memamerkan hasil karyanya di Flickr dan Instagram.

Kreasi Hoang sangat detail. Salah satu contohnya adalah miniatur ruang tamu yang dirangkai dalam suasana festival musim semi Tết pada 1990-an. Siapa saja yang familiar dengan Vietnam pasti bisa menemukan benda-benda yang menjadi ciri khas zaman itu, seperti televisi merah dan mainan buatan Soviet. Susunan itu juga menampilkan benda tradisional yang muncul selama perayaan Tết, seperti peralatan minum teh dan pohon kumquat.

Miniatur ruang tamu dalam suasana festival musim semi Tết

Miniatur ruang tamu dalam suasana festival musim semi Tết

Dia juga menyusun warung lengkap dengan barang dagangan.

Susunan toko kelontong beserta barang dagangan LEGO

Susunan toko kelontong beserta barang dagangan LEGO
Tampak dekat susunan toko kelontong beserta barang dagangan LEGO

Tampak dekat susunan toko kelontong beserta barang dagangan LEGO

Kapal nelayan di bawah ini adalah karya favoritnya. Dia mulai menyusun pada 2019.

“Miniaturnya rampung hampir setahun kemudian,” Hoang mengenang. Sebagian besar waktu dihabiskan untuk menemukan “potongan yang tepat”.

Rangkaian kapal nelayan ini menonjolkan “sisi Vietnam yang tidak terlalu terkenal, tapi keberadaannya signifikan” di sana.

Kapal nelayan Vietnam LEGO

Kapal nelayan Vietnam LEGO

“Vietnam kaya akan budaya nelayannya, dengan garis pantai yang membentang dari utara sampai selatan,” ujarnya. “Bagiku, ada yang puitis dari menunggangi ombak di lautan terbuka.” Sebagai orang yang besar di kota, Hoang terkadang mendambakan gaya hidup ini.

Susunan bagian depan rumah dengan arsitektur khas Vietnam LEGO

Susunan bagian depan rumah dengan arsitektur khas Vietnam LEGO

Hoang bermain LEGO untuk menyalurkan kreativitas, walau tak jarang dia menyusun karena sedang kepengin saja. Bukan untuk alasan estetika atau apalah itu. “Saya menikmatinya sebagai pelarian ketika saya perlu mengisi ulang energiku.”

Selain pemandangan Vietnam yang penuh nostalgia, Hoang juga jago menyusun LEGO menyerupai objek lain. Dia meraih juara runner-up untuk rangkaian bonsai-nya dalam kategori desain orisinal pada kompetisi Build a Bonsai 2021 yang diselenggarakan oleh Brickset.

Desain bonsai yang disusun Hoang Dang

Desain bonsai yang disusun Hoang Dang

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Asia