Home Uncategorized Deretan Film Tentang Penipu Ulung Wajib Kalian Tonton

Deretan Film Tentang Penipu Ulung Wajib Kalian Tonton

79
0
deretan-film-tentang-penipu-ulung-wajib-kalian-tonton

Belakangan ini, semakin banyak tontonan yang menyuguhkan kisah bertema penipuan yang bikin kita geregetan. The Tinder Swindler menceritakan tentang pengusaha kaya palsu yang pintar merayu perempuan demi uang mereka. Lalu ada Inventing Anna, serial terbaru Netflix yang diangkat dari kisah nyata Anna Delvey yang mengaku-ngaku sebagai pewaris konglomerat untuk menipu kaum elit. Sebagai penonton, kita merasa tak pernah puas dengan narasi yang membongkar pikiran terdalam para penipu. Buktinya, Parasite sukses menjadi salah satu film Korea paling banyak ditonton di dunia.

Kali ini, kami akan merekomendasikan tujuh film yang mengikuti aksi penipu ulung menguras habis orang kaya. Simak daftarnya berikut ini:

The Handmaiden (2016)

Berlatar masa penjajahan Jepang di Korea sekitar 1930-an, film thriller erotis ini menceritakan tentang Sook-hee, pencopet yang disewa untuk berpura-pura menjadi pelayan seorang pewaris Jepang dan membujuknya menikahi sang bos, yang mengaku sebagai “Tuan Fujiwara”. Mereka mengurung korban di rumah sakit jiwa begitu berhasil memeras hartanya. Sinema klasik ini masuk nominasi Palme D’Or di Festival Film Cannes, dan menjadi Film Berbahasa Asing Terbaik pada BAFTA 2018.

Heartbreakers (2001)

Film bergenre komedi romantis yang dibumbui kejahatan mengikuti ibu anak Max Conners (Sigourney Weaver) dan Page Conners (Jennifer Love-Hewitt) melancarkan penipuan bermodus pernikahan. Max bertugas menikahi lelaki kaya, sedangkan Page berpura-pura sebagai sekretaris genit yang menggoda suami Max hingga ketahuan. Max lalu menggugat cerai suaminya supaya mendapatkan tunjangan besar. Namun, ketika Page terpikir melanjutkan aksinya sendirian, mereka diburu petugas pajak. Mereka akhirnya kabur ke Palm Beach dan bekerja sama menipu kaum elit lainnya.

The Living End (1992)

The Living End merupakan film besutan Gregg Araki, yang dianggap sebagai salah satu pendiri Sinema Queer Baru. Film ini menceritakan tentang penipu Luke dan kritikus film Jon yang menghindari serangkaian perundungan setelah mereka didiagnosis positif HIV. Keduanya melakukan perjalanan hedonistik dengan sikap semau gue. The Living End muncul pada saat pembuat film indie queer sudah muak dengan Hollywood yang menggambarkan orang gay sebagai korban. Film ini juga merupakan tanggapan terhadap kelambanan pemerintahan Bush selama krisis AIDS.

J.T. LeRoy (2018)

Dibintangi Kristen Stewart dan Laura Dern, drama J.T. Leroy diangkat dari kisah nyata Laura Albert, penulis buku tentang remaja gay yang menjadi pelacur. Dia mengklaim bukunya semi-otobiografi. Begitu popularitas novel meroket dan disukai artis papan atas macam Madonna, Laura menyuruh saudaranya yang bernama Savannah untuk berpura-pura menjadi dirinya. Diane Kruger dan Courtney Love juga membintangi biopik yang mengungkap skandal terbesar di dunia sastra.

Femme Fatale (2002)

Film ini digarap Brian De Palma, sutradara legendaris di balik Carrie (1976), Scarface (1983) dan Mission: Impossible (1996). Laure (Rebecca Romijn dari Ugly Betty) merupakan pencuri bayaran yang menipu pasangannya selama perampokan perhiasan. Dia pergi ke Paris menggunakan identitas palsu dari seorang perempuan yang dikabarkan menghilang. Setelah bertahun-tahun hidup mewah sebagai istri duta besar Amerika, mantan rekan kerjanya berhasil melacak keberadaannya. Laure pun menyusun rencana untuk menggagalkannya. Dia merayu paparazzi, yang dibintangi Antonio Banderas, dan menuduhnya sebagai penculik di masa lalu.

American Animals (2018)

Aktor Barry Keoghan (The Killing of a Sacred Deer) berperan sebagai mahasiswa jurusan seni Spencer yang mengajak teman-temannya mencuri buku langka di perpustakaan kampus untuk dijual kembali. Mereka membanderolnya dengan harga yang sangat mahal. Meski rencana mereka terlihat simpel, banyak kekacauan yang terjadi akibat sekelompok pencuri amatiran ini. Filmnya juga dibintangi Evan Peters (American Horror Story), Blake Jenner (Glee) dan Jared Abrahamson. Tayang perdana di Festival Film Sundance 2018, American Animals terinspirasi skandal pencurian di Universitas Transylvania, Kentucky. Komplotan pencuri yang asli ditampilkan dalam adegan terakhir.

Kajillionaire (2020)

Film drama komedi queer ini mengisahkan tentang Old Dolio (Evan Rachel Wood) yang menjadi kaki tangan orang tuanya sejak kecil. Dibesarkan di keluarga yang hanya mementingkan keuntungan, hubungan mereka diuji ketika penipu ulung Melanie (Gina Rodriguez dari Jane the Virgin) muncul dalam kehidupan mereka. Disutradarai Miranda July, Kajillionaire dipuji habis-habisan saat tayang di Sundance dan dinominasikan sebagai film rilisan terbatas terbaik pada Penghargaan Media GLAAD ke-31.