Home Uncategorized Di Tengah Dominasi Olivia Rodrigo, Pop Punk Ternyata Ngetren Kembali

Di Tengah Dominasi Olivia Rodrigo, Pop Punk Ternyata Ngetren Kembali

74
0
di-tengah-dominasi-olivia-rodrigo,-pop-punk-ternyata-ngetren-kembali

Musim panas, berarti periode sepanjang Mei-Juli, sering dipakai sebagai acuan tren yang populer oleh para pelaku industri musik. Sebelum pandemi, seringkali label musik internasional merilis album atau single unggulan di kurun tersebut. Tradisi serupa, meski tidak sepenuhnya sama, ternyata masih bertahan di era streaming musik.

Spotify baru saja merilis daftar lagu terpopuler global untuk periode musim panas 2021. Lantas, siapa saja musisi yang jadi jawaranya? Jawabannya satu: Olivia Rodrigo. Popularitas penyanyi yang pernah membintangi High School Musical: The Musical: The Series itu mengungguli musisi pop kenamaan lain. Tentunya nama-nama beken lain seperti The Weeknd, BTS, Doja Cat, Dua Lipa dan penampilan baru yang bernuansa queer dari Lil Nas X turut masuk dalam daftar Spotify.

Namun, tak bisa dipungkiri, dengan keberhasilan single-nya “Good 4 U” meraup 600 juta streams hanya di Spotify saja, Olivia Rodrigo berhasil menciptakan “anthem pengiring vaksinasi” di masa pandemi. Single lain Rodrigo, yang kerap dijuluki “ratu pop emo” masa kini, turut menapaki daftar lagu papan atas terpopuler versi Spotify. Mulai dari “Traitor”, “Happier”, “Deja Vu”, “Favorite Crime” hingga single yang membuat Rodrigo tenar, “Drivers License”, masuk 25 besar.

Di tengah dominasi Rodrigo itu, ada data menarik yang disajikan Spotify. Menurut platform streaming asal Swedia ini, pop punk ternyata kembali digandrungi para pendengar. Salah satu pemicunya adalah Måneskin, band rock asal Italia, yang berhasil menjuarai kontes Eurovision 2021. Single Måneskin saat mengcover lagu lama “Beggin” dari The Four Seasons, sangat sering diputar pengguna Spotify. Selain itu, single original Måneskin yang bertajuk “I Wanna Be Your Slave” dengan nuansa pop punk, dinobatkan Spotify sebagai lagu urutan ke-12 paling sering diputar di platform mereka.

Selepas 2020, pemerhati musik lazimnya menduga tangga lagu akan dikuasai oleh pop atau hip hop. Ternyata, rock kembali mendapatkan momentum, setidaknya di Spotify untuk tahun ini. Rodrigo, yang berhasil menyalip popularitas Billie Eilish, turut memanfaatkan momentum itu dengan merilis single bernuansa grunge, yang bertajuk “Brutal”. Bisa dibilang, 2021 menandai nuansa musik khas musim panas yang terakhir kali kita dengar satu dekade lalu.

Simak lagu-lagu terpopuler selama musim panas 2021 versi Spotify di tautan berikut ini.

Follow i-D di Instagram dan TikTok untuk berita seputar musik dan fashion