Home Uncategorized Drama Kancah Catur: GM Hans Niemann Ditantang Main Bugil Agar Terbukti Tak...

Drama Kancah Catur: GM Hans Niemann Ditantang Main Bugil Agar Terbukti Tak Curang

153
0
drama-kancah-catur:-gm-hans-niemann-ditantang-main-bugil-agar-terbukti-tak-curang

Hans Niemann, grandmaster catur asal Amerika Serikat, sedang menjadi sorotan penggemar catur sedunia sepanjang September 2022. Dia dituding bermain curang saat berhasil mengalahkan Magnus Carlsen, pecatur terbaik dunia saat ini, dalam kompetisi di St Louis, AS, pada 5 September lalu.

Banyak pihak menilai Niemann belum levelnya sanggup mengalahkan Carlsen, meskipun dia dianggap pecatur muda berbakat. ELO rating Niemann jauh di bawah Carlsen, dan sang pecatur terbaik tercatat tak pernah kalah dalam 53 pertandingan catur klasik (Carlsen beberapa kali kalah di pertandingan catur cepat atau non-klasik). Bahkan, dalam turnamen Piala Sinquefield tersebut, peringkat Niemann yang terendah dari para peserta lain.

Kekalahan dari Niemann di babak ketiga turnamen tampaknya memukul Carlsen, sehingga pecatur 31 tahun asal Norwegia itu memutuskan langsung mundur dari kompetisi.

Kekalahan Carlsen memicu perdebatan panas di forum catur internet. Tuduhan Niemann curang pertama kali dilontarkan anggota forum r/chess, yang menganalisis jalannya laga Niemann vs Carlsen dari menit ke menit. Ada dugaan Niemann mendapat bantuan pihak ketiga, yang mengirimkan saran langkah bidak lewat getaran ke pantatnya (terdengar tolol, tapi banyak lho yang percaya sama teori konspirasi ini).

Isu kancah catur ini semakin liar, sampai-sampai situs porno ikut serta. Stripchat, situs dewasa yang memiliki 400 juta penonton rutin bulanan, menawarkan jalan keluar bagi Niemann membersihkan reputasinya. Stripchat berjanji akan membayar Niemann US$1 juta (setara Rp15 miliar), jika dia bersedia main catur bugil sambil direkam, untuk membuktikan diri tidak pernah curang.

“Kami turut menyayangkan banyak pihak di komunitas catur yang menuduh anda curang, apalagi tuduhannya amat absurd, menuding anda pakai alat wireless penggetar pantat,” demikian pernyataan Stripchat dalam surat terbuka untuk Niemann.

Tuduhan lain yang muncul pada Niemann adalah dia meretas bocoran taktik Carlsen yang lazimnya dibuat sebelum pertandingan di komputer pribadinya. Ada juga netizen menuduh Niemann menggunakan sepatu yang terkoneksi dengan kecerdasan buatan (AI), yang bisa memberinya saran langkah saat melawan Carlsen. Berbagai tuduhan itu memperkuat seruan publik agar Niemann main sambil bugil saja.

Patut diingat, semua tuduhan curang ini berembus dari internet, terutama dari para penggmar berat Carlsen. Niemann dengan tegas membantah berbagai tuduhan miring. Plus, organisasi catur internasional (FIDE) juga tidak mengumumkan ada potensi kecurangan dalam pertandingan di St Louis.

Bagaimanapun, karena mulai muncul desakan agar Niemann main bugil, situs Stripchat segera ikut pansos. “Buktikan para haters-mu salah, Niemann. Kami siap memfasilitasi kamu main catur bugil di Stripchat dengan bayaran US$1 juta,” ujar Max Bennett, wakil presdir Stripchat dalam keterangan tertulis.

The offer letter from Stripchat.

Sumber foto: Stripchat

Belum jelas apakah Niemann berniat merespons tawaran dari Stripchat. Pecatur 19 tahun yang lahir dan besar di San Fransisco itu tidak merespons permintaan wawancara yang dikirimkan Motherboard.