Home Uncategorized Inilah Trik Bikin Gelato Lembut Anti Gagal, Tanpa Harus Pakai Mesin

Inilah Trik Bikin Gelato Lembut Anti Gagal, Tanpa Harus Pakai Mesin

194
0
inilah-trik-bikin-gelato-lembut-anti-gagal,-tanpa-harus-pakai-mesin

Sebagai pencandu gelato, aku bisa membedakan mana gelato yang beneran enak dan mana yang enggak. Beberapa kali aku enggak sepakat dengan teman soal ini. Sejumlah orang lebih suka gelato yang teksturnya ringan dan enggak terlalu manis, sedangkan lainnya lebih menyukai gelato yang padat dan kaya rasa.

Pada dasarnya, gelato berarti es krim dalam bahasa Italia. Perbedaan utama es krim khas Italia dengan negara lain yaitu gelato memiliki kandungan udara yang lebih sedikit, sehingga produknya lebih kental dan lembut.

Belakangan ini, aku mencoba menyempurnakan resep gelato buatanku sendiri supaya aku enggak perlu beli ke toko es krim lagi. Masalahnya adalah aku enggak punya mesin dan alat-alat untuk bikin gelato. Bisakah aku membuatnya secara manual?

Aku pun meminta saran kepada Otaleg!, toko gelato di Roma yang terkenal dengan rasa eksperimentalnya, apa yang sebaiknya aku lakukan agar resep rumahanku enggak gagal total.

Marco Radicioni dari Otaleg! Foto: Martina Valente.

Marco Radicioni dari Otaleg! Foto: Martina Valente.
Toko es krim Otaleg! di Roma. Foto: Martina Valente.

Toko es krim Otaleg! di Roma. Foto: Martina Valente.

Gelato buatan Otaleg! murni tanpa perasa buatan. Saking cintanya dengan gelato, Marco Radicioni rela bangun pukul 2 pagi untuk mempersiapkan 30 rasa gelato yang dijual di tokonya. Dia mampu menghasilkan total 150-200 kilogram setiap hari.

Radicioni yang rutin latihan binaraga di masa lalu akan menyantap gelato buatan sendiri pada saat cheat day. Dia bikin gelato karena suka, bukan untuk uang — menunjukkan bahwa aku telah menemukan seorang maestro yang bisa membantuku menyempurnakan resep.

Radicioni bilang bikin gelato enggak sesulit yang kita kira selama ini. Ada dua resep dasar yang bisa kita coba: satu berbahan krim, dan lainnya rasa buah (dengan bahan vegan). Aku memutuskan bikin gelato rasa persik, buah favoritku, dengan mengikuti saran Radicioni.

Aku juga memasukkan resep berbahan krim di artikel ini. Dua langkah terakhir berlaku untuk kedua resep.

RESEP BERBAHAN DASAR BUAH

Tiga buah nektarin direndam dalam larutan baking soda. Foto oleh penulis.

Tiga buah nektarin direndam dalam larutan baking soda. Foto oleh penulis.

Untuk resep ini, kalian wajib menggunakan buah musiman yang sudah matang. Aku pribadi pakai tiga nektarin (380 gram). Menurut Radicioni, kulit buahnya enggak perlu dikupas karena bisa menambah cita rasa dan warna.

Semangkuk nektarin yang sudah dipotong dan semangkuk gula. Foto oleh penulis.

Semangkuk nektarin yang sudah dipotong dan semangkuk gula. Foto oleh penulis.

Pertama-tama, kalian harus merendam nektarin ke dalam larutan baking soda (satu sendok makan per liter) selama satu jam. Buahnya kemudian dibilas dan dipotong halus. Tambahkan 98 gram gula, lalu diblender. Jika nektarinnya belum matang, kalian harus menambahkan lebih banyak gula supaya rasa manisnya keluar.

RESEP BERBAHAN KRIM

Untuk resep kedua, campurkan 45 gram kuning telur, 265 ml susu murni, 16 ml krim dan 56 gram gula ke dalam panci. Terus kocok adonannya hingga suhu 27 derajat.

Kalian bisa menambahkan kulit lemon atau jeruk, vanila, atau bahkan anggur merah supaya rasanya lebih nikmat. Setelah adonannya mendidih, angkat dan diamkan hingga benar-benar dingin.

DUA LANGKAH MEMBUAT GELATO RUMAHAN:

MENGOCOK ADONAN TANPA MESIN

Buah persik yang sudah dipotong dikocok sampai halus menggunakan mixer.

Haluskan buah persik dengan mixer tangan. Foto oleh penulis.

Enggak punya mesin pembuat es krim? Tenang, kalian bisa pakai mixer tangan atau pengocok biasa.

Dinginkan adonan di dalam freezer selama beberapa menit, lalu kocok selama 10 menit. Setelah selesai dikocok, masukkan lagi adonannya ke dalam freezer.

Potongan buah persik yang sudah halus setelah dikocok.

Buah persik yang sudah dikocok. Foto oleh penulis.

LAKUKAN BERULANG KALI

Keluarkan es krim setiap 30 menit sekali, dan kocok selama 10 menit. Lakukan itu sebanyak empat kali dalam waktu dua jam. (Langkah ini sebenarnya enggak wajib, tapi aku memutuskan untuk menambah cokelat di tengah proses mengocok adonan.)

Sudah itu saja. Gampang, kan? Sekarang kalian bisa menikmati gelato yang lembut dan lezat tanpa perlu keluar rumah.

Gelato persik dan choco chip buatan penulis.

Gelato persik dan choco chip buatan penulis.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Italy.