Home Uncategorized Juan Joya Borja, Sosok dalam Meme ‘Tawar Menular Orang Spanyol’ Meninggal

Juan Joya Borja, Sosok dalam Meme ‘Tawar Menular Orang Spanyol’ Meninggal

130
0
juan-joya-borja,-sosok-dalam-meme-‘tawar-menular-orang-spanyol’-meninggal

Komedian Juan Joya Borja, yang di komunitas pegiat meme lebih dikenal dengan julukan “Spanish Laughing Guy,” meninggal awal pekan ini di usia 65 tahun. Menurut laporan surat kabar Spanyol El Mundo, Borja sudah “menderita sakit parah” beberapa tahun terakhir. Dia juga sudah masuk rumah sakit sejak 2020.

Rekamannya tertawa ngakak dengan suara unik menarik perhatian peminat meme, karena menular banget ke penonton. Video tersebut diganti subtitle-nya sesuai kebutuhan humor apapun, dari mengolok-olok developer game sampai perusahaan teknologi sekelas Apple.

Di Spanyol sendiri, tanah kelahirannya, Borja dijuluki ‘El Ristas’ alias ‘Si Ketawa Ngakak’. Borja mulai dikenal masyarakat sejak sering diundang jadi bintang tamu acara bincang-bincang Ratones Coloraos.

Salah satu episode acara TV itu menjadi sumber template meme ketawanya. Borja, ketika diwawancarai sang pembawa acara Jesus Quintero, menceritakan pengalamannya kerja sambilan di sebuah restoran. Karena kenaifannya, dia membuang makanan dan piring ke laut ketika air pasang. Ceritanya sih ga lucu-lucu banget. Tapi Borja tertawa lepas saat bercerita, dan caranya ketawa itu yang membuat seluruh penonton ikut tergelak.

Ratones Coloraos sudah mengunggah video kocak itu ke YouTube sejak 2007. Tapi komunitas meme baru mengadopsinya menjadi template pada 2014. Kala itu, videonya diberi subtitle ngaco, yang berbeda dari konteks asli cerita. Seringkali, Borja disebut sebagai pegawai perusahaan ternama, yang mengolok-olok produk buatannya sendiri.

Tentu saja, meme dengan rekaman Borja ketawa paling berhasil adalah olok-olok buat MacBook baru yang rilis pada 2015. El Ristas diklaim oleh pembuat meme, lewat subtitle, sebagai salah satu insinyur Apple yang sebenarnya kehabisan ide dan akhirnya menghilangkan colokan usb di laptop itu. Meme lain dengan sosoknya yang populer menyindir komunitas bumi datar hingga penimbun kartu grafis komputer demi menambang Bitcoin.

Borja adalah kebalikan dari meme Hitler ngamuk di film Downfall. Lewat meme tertawanya yang menular, kita diajak bersama-sama mengolok hal yang kadang memang layak untuk dikatain. Internet jadi lebih baik berkat memenya. Selamat jalan dan beristirahatlah dalam damai legenda!