Home Uncategorized Karena Pandemi, Gereja di Filipina Bikin Pemberkatan Buat Hewan Secara Drive-Through

Karena Pandemi, Gereja di Filipina Bikin Pemberkatan Buat Hewan Secara Drive-Through

155
0
karena-pandemi,-gereja-di-filipina-bikin-pemberkatan-buat-hewan-secara-drive-through

Ratusan mobil berderet memasuki halaman pusat belanja di kawasan Eastwood, Ibu Kota Manila, Filipina. Tiap pengemudi menurunkan kaca samping, kemudian muncul kepala binatang peliharaan dari dalam. Pastur perwakilan gereja Katolik sudah bersiap, menyambut hewan-hewan itu dengan cipratan air suci, untuk mendoakan agar mereka selalu sehat.

Begitulah pemandangan unik yang sempat terlihat di Filipina, negara dengan penduduk mayoritas Katolik terbesar Asia Tenggara. Warga membawa semua jenis binatang peliharaan untuk diberkati gereja, mulai dari kucing, anjing, hingga burung.

Pemberkatan peliharaan itu bagian dari upacara tahunan dalam rangka Hari Binatang Sedunia, akhir pekan lalu, kerja sama antara sebuah pusat perbelanjaan dengan gereja. Jemaat berharap peliharaan mereka bisa mendapat berkat dari Santo Fransiskus Asisi, patron semua binatang.

Eastwood Pet Blessing a.jpg

Seekor anjing menunggu giliran diberkati di gereja Manila, Filipina. Foto oleh penulis.

“Kami membawa Calie, anjing pertama yang kami pelihara. Saya dan suami ingin Calie diberkati, karena kehadirannya membawa kebahagiaan, terutama untuk anak-anak kami di rumah,” kata Florelyn Calitis kepada VICE News, saat mengantre pemberkatan.

Acara tahunan ini di Filipina selalu ramai diikuti keluarga yang punya peliharaan. Tujuannya, agar binatang kesayangan mereka bisa terus sehat. Namun, karena Filipina cukup parah mengalami dampak penyebaran Covid-19, maka prosesi pemberkatan air suci tidak bisa dilakukan seperti biasa yang bisa memicu kerumunan. Akhirnya, pemberkatan ala “drive-trough” jadi jalan tengah.

“Meski tidak bisa dirayakan seperti biasa, acara pemberkatan ini tetap penting agar semua keluarga bisa menghabiskan waktu secara berkualitas bersama peliharaan masing-masing yang setia,” kata Tefel Pesigan-Valentino, juru bicara pusat perbelanjaan yang menggelar acara ini.

Eastwood Pet Blessing i.jpg

Burung pun ikut diajak pemberkatan air suci ini. Foto oleh penulis.

Filipina saat ini mencatatkan statistik penularan terburuk di Asia Tenggara. Lockdown sudah berlangsung lima bulan, namun belum efektif mengurangi angka penularan Covid-19. Sejauh ini, sudah ada 330 ribu kasus positif corona di Filipina, menempatkan negara itu dalam posisi 20 besar dunia.

Pemberkatan lewat jendela mobil bukan satu-satunya cara pemilik hewan peliharaan didoakan oleh gereja. Mereka yang tak bisa keluar rumah, atau sulit melakukan prosesi drive-trough, ikut serta dalam pemberkatan lewat tayangan streaming yang digelar oleh organisasi pecinta binatang bersama gereja Katolik.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Asia