Home Uncategorized Ketika Ada yang Usul Pasar Kokain dan Heroin Diregulasi, Wujudnya Seperti Apa?

Ketika Ada yang Usul Pasar Kokain dan Heroin Diregulasi, Wujudnya Seperti Apa?

124
0
ketika-ada-yang-usul-pasar-kokain-dan-heroin-diregulasi,-wujudnya-seperti-apa?

Apapun posisi politik kalian tentang konsumsi narkoba untuk kepentingan rekreasi, sebetulnya kita bisa sepakat bahwa kebijakan berbagai pemerintah selama ini tidak efektif. Perang terhadap narkoba, yang sering dicanangkan aparat hukum, justru terus menjadi insentif bagi tumbuhnya kartel-kartel dan sindikat kejahatan yang semakin brutal.

Bahkan, di Meksiko, kartel memiliki persenjataan yang tak kalah, bahkan lebih bagus, dibanding kepolisian.

Sejak akhir dekade 80’an, alhasil muncul ide agar solusinya bukanlah perang besar-besaran, serta kriminalisasi para petani koka atau opium, melainkan regulasi sekalian pasar produk-produk seperti kokain dan heroin. Bagaimana caranya? Apa berarti orang dibiarkan menjual heroin di depan minimarket ke anak-anak kecil? Tentu bukan seperti itu yang dibayangkan pengusulnya.

Dalam episode terbaru dokumenter VICE The War On Drugs, redaksi mendalami berbagai klasifikasi narkoba. Lalu membayangkan seperti apa manfaat utama narkotika tersebut, seandainya legal. Dari sana, segmen pasar bisa terbayang, dan digabung dengan penjelasan para ahli, muncul ruang-ruang untuk regulasi produk yang selama ini diharamkan tersebut.

Jika pasar terkendali, siapa pemasok dan pembeli jelas, maka manuver kelompok bawah tanah tidak akan banyak tersedia. Dalam dokumenter di atas, kalian juga bisa melihat potensi-potensi regulasi pasar untuk produk macam heroin, kokain, dan MDMA, sehingga pengguna rekreasional pun justru tidak akan lagi kecanduan.

Ide-ide di atas tentu saja radikal, dan belum tentu disetujui semua pihak. Namun mencoba berbagai alternatif lain perlu, mengingat perang terhadap narkoba menghabiskan anggaran dan hasilnya tidak mengurangi signifikan pengguna narkotika secara global.

Simak dokumenter VICE tersebut di tautan awal artikel ini