Home Uncategorized Kisah Soal Safemoon: Uang Kripto Baru Absurd yang Bikin Orang Kaya Mendadak

Kisah Soal Safemoon: Uang Kripto Baru Absurd yang Bikin Orang Kaya Mendadak

172
0
kisah-soal-safemoon:-uang-kripto-baru-absurd-yang-bikin-orang-kaya-mendadak

Gabe, 40 tahun, menganggap dirinya sudah tidak muda lagi.

Bekerja di bidang konstruksi “seumur hidupnya”, membuat badannya gampang sakit. Statusnya hanyalah kontraktor independen, sehingga dia tidak mendapatkan jaminan hari tua.

Pekerjaannya sempat tersendat awal tahun ini karena harus mengisolasi diri. Gabe mulai mencari tahu tentang cryptocurrency. Siapa tahu saja bisa menjadi penghasilan tambahan selama karantina. Setelah mantap dengan pilihannya, dia mengubah simpanan di rekeningnya menjadi uang kripto.

Dari total $40 (Rp571 ribu) yang dijadikan uang kripto baru — tapi tidak berguna — bernama Safemoon, dia meraup keuntungan $3.400 (Rp48,5 juta) seminggu kemudian. Hampir menandingi rata-rata gaji bulanan orang Amerika.

Gabe sebenarnya sudah mainan kripto sejak 2017, ketika sistem keuangan yang tidak diregulasi mulai merambah aplikasi investasi. Sayang sekali, dia tidak bisa mengakses dompetnya setelah bercerai dengan istri. Dia lupa menaruh kata sandinya.

Empat tahun kemudian, jenis mata uang kripto kian beragam dan ramai diperbincangkan. Uang kripto digembar-gemborkan di Reddit, server Discord, sampai TikTok. Alhasil, nilainya pun terus meroket.

Menurut statistik dari situs pemantau harga uang kripto Coingecko.com, Bitcoin — jenis yang paling terkenal dan banyak digunakan — mencapai rekor tertingginya pada 13 April 2021, naik 845 persen sejak 14 April 2020. Lonjakannya sangat tinggi hanya dalam satu tahun.

Sementara itu, Safemoon melonjak 23.225 persen dari $0,00000004 pada 14 Maret 2021 menjadi rekor tertingginya $0,00000933 pada 21 April. 27 kali lipat lebih banyak dari Bitcoin, hanya dalam hitungan sebulan.

Jika disamakan dengan dolar, Gabe bisa mengumpulkan puluhan ribu dolar ketika nilainya meroket pada 21 April.

“Menyebalkan kalau dipikir-pikir lagi. Kalian akan berandai-andai, ‘Seharusnya masukin ribuan dolar saja sekalian,’” tuturnya. “Ini sama saja dengan judi.”

Walaupun semua jenis investasi memiliki risiko, Gabe mengalihkan sedikit uangnya ke “shitcoin”. Disebut demikian karena tidak memiliki kegunaan apa-apa selain bikin orang kaya raya. Kalian tidak bisa menggunakan koinnya untuk transaksi dunia nyata.

Safemoon tengah digilai layaknya Dogecoin beberapa waktu lalu.

Investor dan analis pasar Jack menjelaskan, “aset ini menghantam pasar dengan valuasi yang sangat rendah, terkadang kurang dari $100.000-200.000 kapitalisasi pasar.” Simpelnya, koin semacam Safemoon murah abis.

Karena valuasi ini — harga tertinggi Safemoon di Coingecko yaitu $0,00000004 per token — secara teori harga token masih bisa bergerak naik. Ketika token murahan mulai menyedot investor ritel macam Gabe, harganya bisa “cepat mencapai 10x atau lebih tinggi lagi,” terang Jack.

Saya juga baru mengetahui Safemoon Maret lalu, sama seperti Gabe. Waktu itu, saya sedang menjelajahi subreddit SatoshiStreetBets (SSB) yang membahas uang kripto. Mirip dengan WallStreetBets — yang memompa harga saham GameStop awal tahun ini — orang-orang mencari cara menghasilkan uang di forum SSB.

Pengikut SSB dan subreddit CryptoMoonShots sering memposting token kripto yang disebut-sebut akan mencapai “x50” atau “x100” dan mampu membawamu “pergi ke bulan” alias tajir melintir.

Dennis, manajer proyek berusia 27 dari Swiss, mengalihkan 800 Franc (Rp12,5 juta) ke Safemoon setelah membaca tentangnya di CryptoMoonShots awal tahun ini. Dia belum puas dengan 10x uangnya di Hoge (meme token). “Orang tergila-gila dengan Safemoon karena harganya sudah naik 10x. Makanya saya berpikir, ‘Ikutan deh,’” ungkapnya.

Safemoon hampir tidak bisa menembus pasar apa pun ketika pertama kali diluncurkan pada awal Maret. Dunia baru menyadari keberadaannya setelah harga melonjak tajam pada 23 Maret.

“#safemoonisthenewdogecoin,” rapper Lil Yachty berkicau di Twitter pada 29 Maret, lalu ditimpali “factssss” oleh YouTuber Jake Paul.

Safemoon bisa populer karena “[pembeli] ritel yang belum paham berdatangan, melihat return baru-baru ini, ketinggalan kesempatan pada uang kripto selain Bitcoin — dan kegilaan spekulatif terus berlanjut,” ujar Jack. 

Ketika anggota Backstreet Boys Nick Carter mengetwitit’s time for blast off [rocketemoji] #SAFEMOON” (“Sudah waktunya meluncur [emoji roket] #SAFEMOON”) pada 19 April, harga koin telah naik 9.000 persen di atas rekor tertinggi. Di saat investor baru mulai kecil-kecilan, investor besar (disebut whale) berinvestasi dalam jumlah fantastis.

Brandon, pialang hipotek berusia 25 yang sedang menjalani pelatihan, menginvestasikan $100.000 (Rp1,4 miliar) ke Safemoon pada Maret. “Semua token DeFi (decentralized finance) ini muncul tiba-tiba, mencapai 50x, 100x. Saya berpikir, ‘Kalau bisa melakukannya sekali dengan semua uang yang ada, saya akan aman,’” katanya.

Brandon sabar menunggu setelah melepaskan $100.000 (Rp1,4 miliar) pada 17 Maret. Harganya anjlok 24 jam kemudian. Saldo tersisa $35.000 (Rp499 juta) saja.

“Anjlok kayak gitu…” keluhnya. “Orang-orang di Discord dan Reddit menyebut Safemoon penipuan. Banyak video YouTube yang isinya ‘kan, udah gue bilang apa kan.’”

Walaupun uang kripto umumnya lebih tidak stabil daripada saham, token seperti Safemoon memberikan arti baru pada gagasan “peak and trough”. Pemain saham Michaël van de Poppe berpendapat, “Proyek kayak begini lebih ke judi dan berspekulasi, bukan investasi. Semua orang harus menghindarinya.”

Token seperti Safemoon terus berkembang meski sudah ada peringatan dari berbagai pemain besar dan berpengalaman. Digembar-gemborkan artis dan bintang TikTok serta investor ritel yang terus mengalir, harga Safemoon meledak pada pertengahan April, naik ke level tertinggi sepanjang masa.

Brandon tetap bertahan, dan kini menjadi jutawan berkat Safemoon. “Lakukan sesuai kata hatimu. Jangan terlalu percaya omongan orang yang terpengaruh harga,” ujarnya.

Ketika artikel ini diterbitkan, harga Safemoon berada di posisi $0,00000438 per token. Sudah turun dari rekor tertinggi, tapi masih lebih banyak daripada yang dibayar pengguna Safemoon pada awal Maret. Ada satu alasan kenapa koin yang tak ada manfaatnya bisa mengalami lonjakan harga. Orang-orang tidak mau ketinggalan tren.

Semua narasumber saya berinvestasi di Safemoon karena ingin cepat-cepat menghasilkan uang. Mereka ikutan terjun begitu melihat harga dan popularitasnya meroket.

“Pendatang baru tergiur dengan banyaknya uang yang dihasilkan orang lain,” van de Poppe membeberkan. Karena itulah harga Safemoon meningkat tajam setelah ramai di Reddit.

Masalahnya, uang kripto macam Safemoon tidak bisa digunakan untuk transaksi dunia nyata. Uang digital ini tidak seperti Bitcoin yang banyak nilainya, atau Ethereum yang bisa digunakan untuk mengembangkan teknologi dan aplikasi baru.

“Token-token ini tidak ada gunanya, selain bikin spekulan awal kaya raya,” van de Poppe melanjutkan. “Ini hanyalah sisi lain dari semua yang ingin dicapai ekosistem cryptocurrency.”

@ryanbassil