Home Uncategorized Koalisi Penyihir Berusaha Halangi Taliban Kembali Berkuasa dengan Mantra

Koalisi Penyihir Berusaha Halangi Taliban Kembali Berkuasa dengan Mantra

27
0
koalisi-penyihir-berusaha-halangi-taliban-kembali-berkuasa-dengan-mantra

Pada Selasa (24/8) lalu, sejumlah penyihir berkumpul secara virtual di server Discord untuk mengirim kutukan ke Taliban. Mereka berbagi sigil dan tautan ke badan amal untuk membantu warga Afghanistan.

“Saya sudah menyumbang sedikit uang dan akan menggunakannya sebagai tautan eterik untuk sihir saya,” tutur seorang penyihir. “Kalian bisa pakai punya saya kalau tidak ada uang untuk berdonasi.”

Meski jumlahnya tak sampai 50 orang, mereka tulus membantu orang Afghanistan pasca dikuasai Taliban. Mereka mempersiapkan mantra untuk mengusir kelompok tersebut. Semua narasumber meminta agar nama mereka dirahasiakan karena takut menerima serangan online.

Mereka menjelaskan misinya dalam postingan yang disematkan di sebuah kanal. “Seperti yang sudah kalian ketahui, situasi di Afghanistan sangat mengerikan. Banyak dari kita sedang mempersiapkan ritual dan membacakan mantra untuk meringankan penderitaan di sana,” bunyi postingan tersebut.

“Taliban sangat spiritual, serta rutin menangkal dan melemahkan sihir. Mereka menyadari keberadaannya dan memiliki ritual untuk menetralisir sihir kita—hal terburuk bisa menyebabkan kerusakan pada batiniah kita.”

Untuk serangan online, mereka sudah mengalaminya sendiri. Grup ini awalnya berupa subreddit /r/BewitchTheTaliban yang dibentuk pada 17 Agustus, tapi akhirnya ditelantarkan karena penuh troll dan tukang shitpost. Contohnya seperti postingan u/dumbest_bitch yang viral di media sosial. “Jangan hadapi Allah sendirian,” demikian postingan itu dimulai. “Dia sangat kuat. Saya tidak sekuat itu untuk melakukannya sendirian. Nyawa saya hampir melayang, dan sekarang saya terluka secara spiritual. Tapi sepertinya saya akan selamat.”

Postingan dumbestbitch membuat forum ini tampak seperti kumpulan penyihir amatir yang halu. Pengguna reddit itu sontak ditendang dari /r/BetwitchTheTaliban dan telah meminta maaf. “Postingan saya tidak serius. Saya bukan penyihir. Saya tidak ada keterlibatan dengan semua itu. Saya kira itu cuma bercanda, tapi sekarang saya menyadari tujuan asli sub ini bukan satir,” kata dumbestbitch di Reddit. “Saya benar-benar tak menyangka subreddit aneh ini akan mendapat perhatian sebesar ini, begitu juga dengan postingan saya.”

Postingan shitpost tidak berhenti sampai di situ, sehingga para penyihir memutuskan untuk pindah ke server Discord. “Saya mendadak jadi ‘pemimpin’ di sini,” kata May, moderator server, dalam chat Discord. “Saya bergabung karena penasaran dan kewajiban moral. Saya menawarkan diri untuk bikin server discord supaya obrolannya lebih aktif. Itu hari yang sama ketika troll (kebanyakan neo-nazi) menemukan subreddit. Dari situ, mereka menyerbu seluruh server dengan spam copypasta, bokep dan cercaan.”

Menurut May, pencipta subreddit memilih mundur dan para penyihir meninggalkan forum tersebut. “Tempat ini menjadi satu-satunya di internet. Kami bisa ngobrol dengan aman tentang isu ini dan tujuan kami karena sifatnya lebih privat.”

“Kami sama sekali tidak memedulikan mereka,” tutur moderator beansoup. “Kalau kalian tidak siap menghadapi para pecundang, maka kalian tidak akan cocok melawan kelompok ekstremis otoriter.”

beansoup belajar ilmu sihir dari bibi dan ibunya. Menurut perempuan 55 tahun yang tinggal di Inggris itu, mereka yakin sihir bisa membuat perubahan dalam memerangi Taliban.

Sindiran yang paling sering mereka terima adalah para penyihir ini ingin melawan Allah SWT. Semua moderator yang kami ajak bicara menyebut mereka salah kaprah. “Tidak ada yang menentang sosok dari agama Ibrahim mana pun,” kata beansoup. “Tak seperti yang mereka katakan, kami tidak mau menempatkan Allah dalam Sangkar Faraday. Saya menghormati semua tuhan.”

Seperti server Discord kebanyakan, pembicaraan mereka terbagi dalam beberapa kanal. Ada yang khusus untuk berkenalan, ada juga untuk menjelaskan peran moderator. Ritualnya dilakukan di kanal curse-talking dan protection-talking supaya tidak salah sasaran. Di curse-talking, mereka membicarakan sihir untuk menyerang kekuasaan Taliban. Di protection-talking, mereka menuliskan mantra untuk melindungi rakyat Afghanistan.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang, dan memiliki ilmu sihirnya masing-masing. “Saya belum pernah ke Afghanistan, tapi waktu yang saya habiskan di Mesir dan Irak telah menunjukkan cahaya Bintang Timur Tengah. Sekarang Taliban berusaha menutupinya,” ujar moderator supersonic. “Gagasan melawan Taliban dengan sihir bagi ahli sihir sama wajarnya seperti gagasan melawan dengan senjata bagi tentara.”

supersonic juga menganjurkan bantuan langsung bagi pengungsi Afghanistan dan orang-orang yang ditinggalkan. “Saya filantropis, jadi saat ini saya berdonasi ke organisasi-organisasi yang membantu para pengungsi yang berdatangan, dan yang masih tertinggal di sana,” simpulnya.