Home Uncategorized Lelaki Jepang Ditangkap Polisi, Nekat Panjat Gedung untuk Curi Kartu Pokémon

Lelaki Jepang Ditangkap Polisi, Nekat Panjat Gedung untuk Curi Kartu Pokémon

67
0
lelaki-jepang-ditangkap-polisi,-nekat-panjat-gedung-untuk-curi-kartu-pokemon

Lelaki di Jepang bernama Kensuke Nakanishi ditangkap polisi pada akhir Maret 2021 lalu akibat kejahatan yang bagi beberapa orang mungkin terasa membingungkan. Dia memanjat gedung pakai tali tambang, demi mencuri kartu Pokémon. Kalau kalian mengikuti situasi pasar kartu tersebut beberapa bulan terakhir, alasan Nakanishi jadi sedikit bisa diterima nalar.

Nakanishi adalah pekerja sektor IT di sebuah perusahaan Tokyo. Dia mendapat informasi, bahwa di kantor penyewa lantai teratas gedung enam tingkat itu, terdapat puluhan koleksi kartu Pokémon and Yugioh (ternyata bisnis yang dijalankan kantor itu memang jual beli barang koleksi penghobi). Saat merencanakan aksi nekatnya, Nakanishi sedang terjebak utang dan dia mendengar kabar kartu Pokémon sedang naik harganya.

Sekilas, rencananya berhasil. Setelah berhasil memanjat gedung malam-malam, dia membobol kaca dan berhasil mendapatkan 80-an kartu Pokémon serta Yugioh, seperti dilaporkan surat kabar Mainichi Shimbun. Nilai kartu yang biasa diburu kolektor itu setara Rp131 juta.

Gedung yang jadi sasaran pencurian itu terletak di Distrik Ikebukuro, tak jauh dari kantor tempat Nakanishi bekerja. Lelaki 28 tahun ini bersiap di samping gedung setelah maghrib, lalu melemparkan tambang ke besi pinggiran atap gedung. Tanpa pengaman apapun, Nakanishi nyatanya berhasil memanjat hingga ketinggian 5 meter.

“Semasa SMA dulu, saya ikut kegiatan pencinta alam, makanya saya tidak takut ketinggian,” demikian pengakuan Nakanishi kepada polisi saat ditanya kenapa nekat memanjat gedung pakai tambang doang.

Satu-satunya faktor yang luput diantisipiasi Nakanishi adalah keberadaan kamera CCTV di sekitar gedung. Dia tidak pakai topeng, atau penutup muka, sehingga mudah bagi polisi mengidentifikasi maling kartu Pokémon.

Kartu Pokémon sejak akhir 90-an sudah populer jadi barang koleksi, namun setahun terakhir, harganya melonjak gila-gilaan di pasar internasional. Permintaan meningkat, terutama untuk kartu edisi perdana yang kondisinya mint, lantaran banyak orang teringat kembali hobi masa kecilnya dulu main Pokémon.

Di Amerika Serikat, penjualan kartu Pokémon di situs eBay mengalami lonjakan hingga 574 persen sepanjang triwulan pertama 2021. Kartu yang paling diburu kolektor maupun penghobi dadakan (termasuk para penimbun) adalah semua edisi perdana Charizard, salah satu monster paling ikonik dari seri Pokémon yang wujudnya menyerupai naga oranye.

Awal Maret 2021, kartu edisi perdana Charizard yang terhitung langka terjual hingga US$300 ribu (setara Rp4,5 miliar). Rapper Logic termasuk yang turut disorot, karena bersedia membayar US$220 ribu untuk satu kartu langka Charizard.

Secara umum, lebih dari empat juta kartu Pokémon terjual di situs-situs marketplace setahun terakhir. Adapun, dari upaya pencurian di Jepang, polisi setempat enggan mengungkap kartu Pokémon apa saja yang berhasil digasak Nakanishi sebelum tertangkap.

Follow Hanako Montgomery di Twitter dan Instagram.