Home Uncategorized Mencari Skenario Meme ‘PPKM Diperpanjang Sampai….’ yang Paling Mungkin Terwujud

Mencari Skenario Meme ‘PPKM Diperpanjang Sampai….’ yang Paling Mungkin Terwujud

80
0
mencari-skenario-meme-‘ppkm-diperpanjang-sampai….’-yang-paling-mungkin-terwujud

Pada Jumat (16/7) pekan lalu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) Muhadjir Effendy pede banget bilang kalau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bakal diperpanjang sebelas hari sampai akhir Juli. Muhadjir mengaku terlibat rapat kabinet terbatas, dan mengklaim Presiden Jokowi sudah ketok palu untuk memperpanjang PPKM. 

Ternyata muncul plot twist, ketika pemimpin tertinggi program PPKM Darurat, yakni Menteri Koordinator bidang Kemaritimian dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menyanggah pengumuman koleganya sendiri. Luhut menjelaskan saat ini pemerintah pusat masih di tahap evaluasi sebelum mengambil keputusan apakah PPKM akan diperpanjang. Dalam konferensi pers pada 17 Juli 2021, Menko Marves menyebut hasil evaluasi baru akan disampaikan dua-tiga hari ke depan.

Gara-gara perbedaan informasi ini, para menteri seakan tidak punya WhatsApp Group buat saling berbagi info, membuat masyarakat pasrah menghadapi caurnya koordinasi para pejabat elite. Di tengah kebingungan, netizen menemukan celah menghibur diri dengan komedi. Menertawakan keadaan jadi pilihan praktis. Selama akhir pekan lalu, pengguna medsos kompak bikin plesetan judul berita dari media yang semula “Pakar Usul PPKM Darurat Diperpanjang sampai Agustus” menjadi template meme.

Hasilnya kocak. Netizen berlomba-lomba bikin durasi waktu yang menggambarkan betapa panjangnya PPKM Darurat akan berlangsung versi mereka sendiri. Format meme ini sederhana. Judul berita yang awalnya tayang di Detik.com itu diedit menjadi: “PPKM darurat diperpanjang sampai [masukkan informasi yang mustahil terwujud dalam waktu dekat/sulit dipastikan bisa tercapai atau tidak]”.

Berikut beberapa hasil kreativitas netizen menertawakan nasib buruk yang sedang dihadapi bangsa ini:

dan banyak lagi meme daur ulang, terutama yang secara klise berharap si dia suatu saat tertarik pada kita.

VICE, sebagai media yang sangat serius mengkaji meme, memutuskan menelaah berbagai meme tersebut untuk menjawab satu pertanyaan besar: meme mana yang masih masuk akal untuk mengindikasikan perpanjangan PPKM Darurat? Artinya, skenario dalam format meme PPKM diperpanjang ini harus mungkin terwujud di dunia nyata, tidak berdasar fantasi atau tafsir produk budaya pop yang terlampau spekulatif, atau dari awal diniatkan mustahil terwujud.

Mari kita simak.

PPKM Darurat Diperpanjang sampai TAP MPRS 1966 Dicabut

TAP MPRS 1966 mengacu pada Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). TAP MPRS ini jadi salah satu legitimasi buat mengesankan Komunisme sebagai hantu jahat yang bergentayangan di Nusantara, selain pocong dan kuntilanak.

Tudingan komunis tanpa Tuhan dan anarkisme pada seorang komunis bikin bulu kuduk banyak awam merinding. Jangankan rakyat semenjana, Presiden Jokowi saja terus diganggu sama isu komunis tiap jelang pemilu. Tapi, di sisi lain, adanya TAP MPRS ini membuat berbagai diskriminasi dan pelanggaran hak asasi yang dilakukan negara tak pernah diusut secara layak. Jangankan mengusut, ketika akademisi atau anak muda berniat mempelajari apa yang sebenarnya terjadi selama akhir September 1965 sampai 1966 sering kali kegiatan itu diberangus aparat.

Dibanding menemukan naskah asli Surat Perintah Sebelas Maret, yang menjadi dasar kelahiran Orde Baru dan mengerek Suharto menjadi diktator selama 32 tahun, pencabutan TAP MPRS 1966 masih lebih mungkin dilakukan. Terutama ketika aktor-aktor yang berkepentingan dengan adanya stigmatisasi terhadap ideologi politik tersebut sudah pada koit. Bila TAP MPRS itu sudah tak ada, rekonsiliasi dan investigasi soal apa yang terjadi pada 1965 bisa ditutup dengan keadilan bagi semua pihak yang jadi korban. Bahkan sosok jenderal reformis di TNI pun sebetulnya sudah mendukung adanya rekonsiliasi, sebagai jalan terbaik untuk, contohnya Letjen (Purn) Agus Widjojo yang kini menjadi gubernur Lembaga Ketahanan Nasional.

“Konsep rekonsiliasi sebagai salah satu alternatif pengakhiran pelanggaran berat hak asasi, khususnya tragedi 1965,” kata Agus ke awak media pada 2016. Di masa depan, imbuh Agus, idealnya bisa terwujud “unsur pengungkapan kebenaran, penerapan keadilan yang bersifat restoratif, perbaikan hak-hak korban, serta kebijakan mengganti kerugian korban.”

Sementara soal naskah asli supersemar, Arsip Nasional Indonesia tampaknya angkat tangan dan hanya bisa mengharapkan mukjizat. Alhasil, kita bisa melihat skenario pencabutan TAP MPRS 1966 jauh lebih mungkin terwujud, dibanding meme dalam format serupa yang menyenggol isu politik.

Ada yang berandai, PPKM Darurat diperpanjang sampai Yogyakarta tak lagi monarki dan warganya bisa merasakan Pilgub. Aduh, ini mustahil. Kesultanan Yogyakarta selalu diklaim sebagai salah satu pendukung terbesar republik, sampai menyumbang 6,5 juta gulden (disebut-sebut sekitar Rp500 triliun) untuk membiayai berdirinya NKRI.

Tak perlu juga sebut-sebut soal penemuan dalang pembunuh Munir, itu mustahil selama para elit politik masih saling butuh satu sama lain 😛

PPKM Darurat Diperpanjang sampai Arsenal Juara Liga Champions

Karena musim depan Arsenal enggak main di Liga Champions, artinya kemungkinan tercepat skenario ini baru bisa terjadi pada 2022/2023. 

Untuk mencapainya tentu bukan hal mustahil. Pelatih Mikel Arteta bisa memanfaatkan pengalamannya di musim lalu untuk semakin matang meracik taktik. Syaratnya, Arsenal mesti aktif di bursa transfer musim panas ini agar skuad memiliki kedalaman dan kualitas apik.

Saran kami, Arsenal mesti merekrut beberapa pemain baru. Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Cristiano Ronaldo adalah tiga pemain awal yang harus dibeli. Karena harga ketiganya mahal, Arsenal bisa ngutang di Koperasi Simpan Pinjam area London atau mulai bikin bisnis skema Ponzi sebagai sidestream income.

Hemat kami, Arsenal juga mesti merekrut Pierluigi Collina, wasit Italia yang enam kali jadi wasit terbaik FIFA, untuk jadi asisten pelatih Arteta. Collina bisa dipasang di sebelah Arteta setiap pertandingan untuk menakut-nakuti wasit Eropa agar mau memberi Arsenal hadiah penalti tujuh kali dalam semenit.

Untuk menjamin kepastian juara, Arsenal baiknya juga membeli Presiden UEFA Aleksander Čeferin buat dijadiin pembina klub. Konflik kepentingan Čeferin sebagai Presiden UEFA sekaligus Pembina Klub Arsenal bisa memuluskan langkah klub London tersebut juara. Siapa tahu undian grup bisa diatur Čeferin biar Arsenal dapat lawan klub dari Montenegro, Kosovo, atau Vatikan aja lah.

PPKM Darurat Diperpanjang sampai ‘Hunter X Hunter’ Dilanjutkan

Salah satu manga terlaris sepanjang masa ini emang lagi hiatus panjang sejak 2019. Penciptanya, Yoshihiro Togashi, disebut-sebut mengalami sakit punggung kronis sehingga enggak kuat menggambar berjam-jam untuk menyelesaikan plot komik. Ada juga yang menyebut Yoshihiro mengalami nervous breakdown dan burn-out. Kondisi makin suram karena ditambah laporan bahwa doi menolak menggunakan jasa orang lain menggambarkan komik yang udah dibikinnya dari 1998.

Tapi kalau boleh jujur, skenario ini cukup masuk akal dibanding yang lain. Cara mewujudkannya, netizen Indonesia cukup membanjiri kolom komentar akun medsos Yoshihiro dengan permintaan melanjutkan komik.

Bilang aja kalau PPKM Darurat Indonesia bergantung pada kepastian kelanjutan cerita Gon dan Killua. Kalau berhasil, bukan hanya PPKM selesai saja keuntungannya, rasa cinta pencandu manga seluruh dunia juga akan mengalir deras. Ini akan memberikan tekanan kepada Microsoft untuk mengubah gelar netizen Indonesia menjadi netizen paling kawaii.