Home Uncategorized Netizen Nasionalis India Boikot Tom Holland Akibat Twit Orang Bernama Sama

Netizen Nasionalis India Boikot Tom Holland Akibat Twit Orang Bernama Sama

91
0
netizen-nasionalis-india-boikot-tom-holland-akibat-twit-orang-bernama-sama

Banyak sekali pengguna media sosial asal India pada 24 Februari 2021 mengecam aktor Hollywood Tom Holland. Pemeran Spider Man versi Marvel itu bahkan sampai diboikot. Apa pemicunya? Gara-gara twit orang dengan nama sama seperti sang pesohor.

Semua kisruh maya ini bermula pada 24 Februari 2021, ketika penulis asal inggris, sekaligus mantan atlet kriket, bernama Tom Holland membuat twit sarkas menyindir Perdana Menteri India Narendra Modi. Jadi, Modi sedang disorot karena pekan lalu mengubah nama stadion kriket terbesar di India (sekaligus terbesar sedunia), memakai namanya sendiri.

Kebijakan narsis ini sebetulnya juga memanen kritikan dari kelompok oposisi di India. Tapi perkara nama “Stadion Modi” menjadi ramai ketika sebagian pendukung garis keras sang PM melihat cuitan Holland. Mereka mengira itu Tom Holland si aktor Inggris. Lalu, muncul gelombang kecaman, seruan agar Holland tak ikut campur urusan dalam negeri India, termasuk ancaman boikot menonton semua film-film Spider Man.

Pendukung Modi, yang berarti sekaligus pendukung Partai Bharatiya Janata (BJP), adalah kelompok nasionalis hindu garis keras. Mereka lalu melambungkan tagar #BoycottSpiderman sampai trending di skala internasional.

Uniknya lagi, tanpa sekalipun sadar kalau Holland yang mereka serang sosok berbeda, netizen nasionalis India ini menyebar rumor kalau sang aktor adalah bagian dari konspirasi elit global yang tidak ingin India maju di bawah kepemimpinan Modi.

Bukan Tom Holland saja pesohor internasional yang belakangan dicap sebagai upaya konspirasi global menggembosi pemerintahan Modi. Nama-nama seperti Rihanna, Greta Thunberg, hingga Mia Khalifa mengalami kecaman online hingga trolling dari netizen +91. Tiga nama itu diserang gara-gara bersimpati pada unjuk rasa nasional yang digelar asosiasi petani India awal bulan ini melawan kebijakan pemerintah.

Walaupun tidak mirip betul seperti Holland, kasus serangan salah akun turut dialami pengguna twitter yang kebetulan nama akunnya mirip Rihanna. Doi bingung, bangun tidur tiba-tiba dapat DM marah-marah dari netizen India.

Tom Holland penulis belakangan menyadari kalau orang-orang India nasionalis itu salah sasaran. Dia pun membuat twit penuh kelakar sembari mengirim sindiran baru. Sementara sang aktor hingga artikel ini dilansir masih tidak merespons kemarahan salah sasaran netizen asal Negeri Sungai Gangga.

Follow Shamani di Instagram dan Twitter.