Home Uncategorized Reaktor Nuklir Kecil adalah Sumber Energi Bersih Masa Depan

Reaktor Nuklir Kecil adalah Sumber Energi Bersih Masa Depan

215
0
reaktor-nuklir-kecil-adalah-sumber-energi-bersih-masa-depan

Reaktor nuklir mulai memproduksi tenaga listrik pada 1958 di Amerika Serikat. Dan kini, 20 persen dari seluruh listrik yang dihasilkan di negara itu berasal dari sana. Nuklir bahkan diklaim sebagai energi yang jauh lebih ramah lingkungan daripada gas alam dan sumber energi bahan bakar fosil lainnya.

Sayangnya, pembangunan reaktor nuklir memakan waktu lama dan membutuhkan biaya yang sangat besar (investasi awalnya bisa lebih dari 10 miliar Dolar atau setara Rp141 miliar). Itulah mengapa versinya yang lebih kecil tengah diusahakan.

Perusahaan seperti X-Energy, atau TerraPower yang didirikan oleh Bill Gates, menciptakan reaktor modular kecil yang memberikan manfaat luar biasa. Versi baru tersebut lebih murah dan relatif cepat untuk dikembangkan. Dengan demikian, reaktor nuklir kecil lebih efisien daripada model lama yang ada saat ini.

Reaktor X-Energy menggunakan gas helium yang dipanaskan hingga 750 derajat celcius untuk mengantarkan panas yang akan digunakan untuk menciptakan energi. X-Energy mengklaim ciptaannya anti-rusak, meyakinkan publik bahwa sumber energi alternatif ini pasti aman. Sementara itu, reaktor TerraPower menggunakan natrium cair.

Reaktor modular kecil bisa menjadi terobosan bagi sumber energi terbarukan. Mikroreaktor, yang biasa disebut “baterai nuklir”, juga sedang dikembangkan. Badan Energi Internasional mengungkapkan, 60 gigaton emisi CO2 berhasil dihindarkan selama 50 tahun terakhir berkat energi terbarukan. Reaktor-reaktor baru ini dapat dipasang di tempat-tempat yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, serta menormalkan energi listrik dalam waktu dekat dan mengurangi krisis iklim.

Simak video dokumenter VICE mengenai topik reaktor nuklir mini di tautan awal artikel