Home Uncategorized Serial Populer Netflix ‘Money Heist’ Akan Diadaptasi Jadi Drama Korea

Serial Populer Netflix ‘Money Heist’ Akan Diadaptasi Jadi Drama Korea

125
0
serial-populer-netflix-‘money-heist’-akan-diadaptasi-jadi-drama-korea

Netflix berambisi memproduksi tayangan yang menjangkau penonton internasional seluas-luasnya, terutama yang tidak berbahasa Inggris. Strategi itu berhasil, bila dilihat dari popularitas serial TV produksi negara Eropa maupun Korea Selatan selama dua tahun terakhir. Melihat kehadiran konten macam itu sukses berat, direksi Netflix lantas terpikir ide berikut: bagaimana kalau dua formula tayangan non-bahasa Inggris digabung.

Hasilnya adalah wacana adaptasi serial drama kejahatan Money Heist (produksi Spanyol dengan judul asli La Casa de Papel), menjadi format drama korea. Kalian tidak salah baca, cerita perampokan pabrik percetakan uang Spanyol, akan diubah setting-nya ke situasi serupa di Negeri Ginseng.

Tentu saja lengkap dengan deretan tokoh utamanya, delapan anggota geng kriminal pimpinan sosok karismatk “El Professor” (belum jelas apa sebutan professor nanti di seri adaptasi Koreanya).

Sutradara adaptasi Money Heist versi Korsel ini adalah Kim Hong-sun. Dia sebelumnya sudah mengarahkan serial kondang lain seperti The Guest, Voice, dan Black. Sementara Ryu Yong-jae akan menulis skenarionya, setelah sebelumnya merancang cerita My Holo Love yang tayang di Netflix, serta Psychopath Diary di tvN. 

Money Heist tayang pertama kali pada 2017, dan langsung menjadi favorit jutaan pelanggan Netflix sedunia. Serial TV Spanyol itu sekarang sudah berjalan dua season. Saking populernya, topeng Salvador Dalí dan seragam mekanik merah para karakternya menjadi kostum Halloween favorit di banyak negara tahun ini. Bahkan, ada pasangan di Filipina yang sampai bikin foto pre-wedding memakai konsep Money Heist.

Drama korea sendiri terbukti membuat Netflix meraup jutaan pelanggan baru. Platform streaming itu meraup untung besar setelah berhasil menayangkan serial drama legendaris Reply, Boys Over Flowers, Full House, ditambah serial yang lebih kekinian seperti Start-Up dan Kingdom.  

netflix-korea-adaptation-money-heist-kdrama

Sutradara Kim Hong-sun. Foto dari arsip Netflix
netflix-korea-adaptation-money-heist-kdrama

Penulis skenario Korsel Ryu Yong-jae. Foto dari arsip Netflix

“Sineas Korea berhasil menyajikan karakter, gaya tutur, dan bahasa gambar yang khas selama dua dekade terakhir. Kami yakin, rekan-rekan dari Korsel akan bisa menghasilkan cerita adaptasi yang bisa dinikmati penonton dari beragam latar budaya,” kata kreator serial Money Heist, Alex Pina, lewat keterangan tertulis. “Kami percaya, adaptasi drama Korea dari Money Heist akan menjadi favorit para penonton muda.”

netflix-korea-adaptation-money-heist-kdrama

Álex Pina, pencipta serial Money Heist. Foto dari arsip Netflix

Sejauh ini, belum ada tenggat kapan adaptasi ini bakal siap tayang. Namun yang jelas tim Korsel saat ini masih mencari lokasi dan menggelar casting.

Sudah pasti setting-nya akan tetap berlokasi di pabrik percetakan uang, serta melibatkan aksi adu pintar antara El Professor dengan kepala detektif kepolisian yang memburunya.

“Saya tidak sabar melihat bagaimana cerita Money Heist akan disesuaikan dengan situasi di Korsel,” imbuh Alex Pina.

Sambil menunggu kabar berikutnya tentang adaptasi ini dari Netflix, menurut pembaca kira-kira siapa aktor Korsel yang menurut kalian layak memerankan El Profesor ya?