Home Uncategorized Turis India Nyampah di Jalan, Dipaksa Nyetir 80 Km Ambil Sampahnya Lagi

Turis India Nyampah di Jalan, Dipaksa Nyetir 80 Km Ambil Sampahnya Lagi

158
0
turis-india-nyampah-di-jalan,-dipaksa-nyetir-80-km-ambil-sampahnya-lagi

India bukan negara yang warganya terobsesi sama kebersihan. Orang membuang sampah sembarangan sering terjadi di berbagai lokasi, begitu pula pengemudi yang seenaknya nyampah di jalan. Namun, tidak semua lokasi di Negeri Sungai Gangga menyetujui kebiasaan nyampah macam itu.

Bagi warga Kota Madikeri, di Negara Bagian Karnataka, membuang sampah sembarangan termasuk tindakan yang harus dihukum. Madikeri adalah wilayah yang terkenal berkat wisata pegunungan asri. Dua pelancong lantas kena batunya, setelah membuang kotak pizza kosong dari mobil mereka yang tengah melintasi ruas jalan kawasan selatan Madikeri.

Aksi nyampah itu terjadi 30 Oktober lalu. Menurut laporan Bangalore Mirror, mobil dari dua pelancong tak diungkap identitasnya itu membuang kotak pizza beberapa menit setelah warga selesai kerja bakti membersihkan jalan di kawasan Panchayat. Madetira ThimmaiahSekjen Asosiasi Pariwisata Setempat—melihat sendiri penumpang mobil membuang kotak pizza tanpa rasa bersalah.

Tindakan duo pelancong tersebut membuat marah warga yang kecapekan habis kerja bakti. Thimmaiah mengaku segera memungut kotaknya, menemukan struk pembelian, dan berhasil melacak nomor telepon pengemudi yang sembrono tersebut.

Ketika ditelepon supaya mengambil lagi sampah mereka, si pengemudi sempat menolak. Alasannya mobil mereka sudah berada jauh di luar kota Madikeri.

Thimmaiah enggan menyerah. Dia menghubungi kantor polisi lokal, lalu mengajak warga membuat kampanye untuk mempermalukan dua pelancong tersebut.

Di Facebook, identitas dan alamat rumah si pelacong, beserta video mobil yang mereka tumpangi buang sampah di jalan, disebar netizen. Kampanye itu amat viral, sampai-sampai duo pelancong itu menyerah. Akhir pekan lalu, sesudah menempuh perjalanan 80 kilometer dari kota asal, mereka mengambil lagi kotak pizza yang dibuang sembarangan di jalan.

Sejauh ini masih belum jelas apakah kepolisian Madikeri meneruskan laporan pelanggaran tersebut. Berkaca dari kasus nyampah serupa di Thailand, selama pelaku bisa dilacak, pemerintah setempat bisa juga lho mengirim balik sampah tersebut ke alamat si pembuang.

Follow Varsha di Instagram.