Home Uncategorized Warga Tel Aviv Israel Alami Hujan Bungkusan Ganja dari Langit

Warga Tel Aviv Israel Alami Hujan Bungkusan Ganja dari Langit

130
0
warga-tel-aviv-israel-alami-hujan-bungkusan-ganja-dari-langit

Bagaikan adegan film sureal, ratusan bungkusan plastik mungil berisi mariyuana berjatuhan dari langit di kawasan pusat Kota Tel Aviv, Israel, pada 3 September 2020. Paket-paket ganja siap pakai itu ternyata disebar oleh sebuah pesawat tanpa awak (drone).

Pelakunya ternyata organisasi pro-legalisasi yang berharap warga Tel Aviv bisa memanfaatkan mariyuana untuk berbagai kebutuhan, dan selanjutnya mendukung upaya politik untuk membebaskan peredaran ganja di Negeri Zionis tersebut.

Green Drone, nama kelompok pro-legalisasi ini, mengaku bertanggung jawab atas aksi menyebar paket ganja dari langit lewat pernyataan tertulis di aplikasi Telegram. “Apakah ganja-ganja ini terbuang dari pesawat? Tidak kawan-kawan, drone kamilah yang menyebarnya dari langit. Nikmati anugrah Tuhan ini kawan-kawan. Rasakan sensasi free love dari mariyuana.”

Penyebaran bungkusan ganja itu berlangsung sekitar pukul 3 sore waktu setempat, di Alun-Alun Rabin, kawasan yang biasa dipadati manusia untuk menggelar unjuk rasa di Tel Aviv. Puluhan orang segera berkerumun di kawasan alun-alun, memunguti bungkusan ganja tersebut. Beberapa netizen merekam hiruk pikuk ketika bungkusan ganja gratis berjatuhan dari langit, lalu mengunggah foto dan videonya ke media sosial.

Polisi Israel tidak bersimpati pada aksi bagi-bagi ganja tersebut. Mereka langsung menangkap dua orang yang diduga operator drone, seperti dilaporkan Jerusalem Post. “Kami khawatir ada obat-obatan berbahaya lainnya yang disebar lewat paket tersebut,” kata juru bicara Kepolisian Tel Aviv. Namun sejauh ini, obat berbahaya yang diklaim polisi hanyalah mariyuana.

Mariyuana adalah substansi terlarang di Israel untuk konsumsi rekreasional, namun masih diizinkan menjadi bahan terapi medis dengan izin berliku. Kendati demikian, sebagai negara demokrasi terbesar di Timur Tengah, reputasi ganja lambat laun menjadi positif berkat berbagai temuan ilmiah kalau tanaman tersebut berpotensi menjadi bahan obat. Di Tel Aviv yang berstatus ibu kota de facto Israel (sekalipun negara itu sepihak memindah ibu kota ke Yerusalem), konsumsi mariyuana secara ilegal pun amat tinggi.

Karena itu, Green Drone optimis aksi mereka bisa mendorong masyarakat agar mendukung semua upaya legalisasi ganja di Israel. Proyek bagi-bagi paket mariyuana dari langit ini, menurut keterangan pers dari Green Drone, akan dilakukan rutin hingga beberapa waktu ke depan. “Kami berniat menyebar satu kilogram mariyuana, yang dibagi ke kantong-kantong kecil ukuran 2 gram, ke berbagai kota penjuru Israel,” tulis mereka.

Upaya legalisasi ganja lewat jalur parlemen sudah mulai berjalan di Israel. Koalisi partai progresif mengajukan RUU yang mengizinkan konsumsi mariyuana untuk orang dewasa. RUU tersebut berhasil lolos dari tahap pembahasan pertama, dan akan masuk ke fase kajian intensif akhir tahun ini.

Follow Satviki di Instagram.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Asia