Home Uncategorized Aktif Temukan Ranjau Darat, Seekor Anjing Pelacak di Ukraina Diberi Penghargaan

Aktif Temukan Ranjau Darat, Seekor Anjing Pelacak di Ukraina Diberi Penghargaan

76
0
aktif-temukan-ranjau-darat,-seekor-anjing-pelacak-di-ukraina-diberi-penghargaan

Seekor anjing pelacak menerima penghargaan khusus dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berkat jasanya menyelamatkan nyawa manusia dari ranjau darat.

Bernama Patron, anjing kecil berjenis Jack Russell Terrier ini berhasil mengendus lebih dari 200 bahan peledak selama perang Rusia-Ukraina. Patron diberi medali dalam acara penghargaan di ibu kota Kyiv pada Minggu (8/5).

Video yang beredar memperlihatkan Presiden Zelenskyy menyerahkan medali seraya berjabatan tangan dengan sang pemilik, Myhailo Iliev.

“Saya ingin memberi penghargaan kepada semua pahlawan Ukraina yang telah berjasa membersihkan ranjau darat,” kata Zelenskyy saat berpidato.

“Bersama dengan para pahlawan, ada anjing kecil hebat Patron yang membantu menetralisir bahan peledak. Kehadirannya juga mengajari anak-anak pentingnya mematuhi aturan keselamatan di daerah yang penuh ancaman ranjau.”

GettyImages-1240545592.jpg

Justin Trudeau, Patron dan Zelenskyy (kiri ke kanan). Foto: Alexey Furman/Getty Images

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang berkunjung ke Ukraina kala itu, mengikuti jalannya prosesi upacara. Dalam video yang sama, Patron tampak menggonggong ke arah Trudeau yang sedang tertawa. PM Kanada lalu meminta maaf karena tidak bawa camilan untuknya. 

Anjing berusia 2,5 tahun ini dipekerjakan oleh layanan darurat Ukraina untuk mendeteksi di wilayah mana saja bahan peledak milik Rusia tersebar. Kerja keras Patron menjadi simbol perlawanan Ukraina. Banyak karya seni warga yang terinspirasi darinya.