Home Uncategorized Arab Saudi Berambisi Jadi Tuan Rumah Pesta Olahraga Berbasis Salju Asia

Arab Saudi Berambisi Jadi Tuan Rumah Pesta Olahraga Berbasis Salju Asia

78
0
arab-saudi-berambisi-jadi-tuan-rumah-pesta-olahraga-berbasis-salju-asia

Kerajaan Arab Saudi resmi terpilih menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Musim Dingin Asia (Asian Winter Games) pada 2029 mendatang. Ajang olahraga itu rencananya akan diadakan di NEOM, calon kota futuristik di yang pembangunannya menelan dana US$500 miliar (Rp7,6 kuadriliun).

NEOM merupakan salah satu proyek ambisius Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) yang akan dibangun di gurun barat laut Arab Saudi. Jika benar terwujud, kota itu nantinya memiliki bandara dan pusat industri sendiri, serta jalur renang untuk para komuter. Pangeran Salman berharap satu juta orang dari seluruh dunia bersedia pindah dan tinggal di NEOM.

Selain itu, bakal ada resor ski TROJENA, digadang-gadang bagus jadi tempat berlibur turis dari negara subtropis. Di lokasi NEOM, salju secara alami sesekali turun karena lokasinya dekat jajaran pegunungan utara yang berbatasan dengan Yordania. Namun pemerintah Saudi berambisi agar resor tersebut bisa menyediakan hiburan ski sepanjang tahun.

Berdasarkan informasi di situs resminya, kota NEOM “menawarkan masa depan yang menjanjikan, serta menopang kehidupan yang mengutamakan kesejahteraan umat manusia.”

Namun, pelaksanaan proyeknya molor dari jadwal yang telah ditentukan. Selain itu baru beberapa gedung yang sudah mulai dibangun. NEOM juga mengundang pertanyaan skeptis dari pakar tata kota terkait kelayakannya sebagai hunian manusia.

Suhu di wilayah tersebut relatif panas, terutama saat musim kemarau yang bisa mencapai 38C. Daerahnya juga tidak memiliki sumber air tawar. Untuk mengatasi ini, pemerintah Arab Saudi tertarik menjadikan resor pegunungan itu sebagai tempat yang bergantung sepenuhnya pada desalinasi dan AC.