Home Uncategorized Di Tengah Perang, Prajurit Ukraina Temukan Pipa Ratusan Meter Salurkan Vodka

Di Tengah Perang, Prajurit Ukraina Temukan Pipa Ratusan Meter Salurkan Vodka

36
0
di-tengah-perang,-prajurit-ukraina-temukan-pipa-ratusan-meter-salurkan-vodka

Pipa pvc kecil sepanjang lebih dari 300 meter untuk menyalurkan vodka ditemukan prajurit Ukraina saat melakukan patroli rutin di hutan perbatasan negara dekat Kota Podilsk. Pipa itu diyakini jauh lebih panjang bila tersambung dengan jaringan di sisi negara Moldova. Menurut otoritas Ukraina, pipa tersebut kemungkinan dibuat oleh penyalur miras ilegal dari negara mereka, untuk dijual ke wilayah negeri jiran. Sosok yang rumahnya tersambung dengan pipa vodka itu langsung ditahan.

“Kami mendapati bila pipa tersebut di sisi Ukraina tersambung dengan rumah seorang warga berusia 32 tahun,” demikian keterangan resmi dari pemerintah Ukraina. “Pipa macam ini adalah jalan tol penyelundupan miras yang semakin sering ditemukan di wilayah perbatasan antara Ukraina-Moldova.”

Siapa sangka, menyalurkan miras ilegal pakai pipa bukan taktik baru di Ukraina. Pipa macam ini sudah sering dibangun secara swadaya oleh pembuat vodka di negara-negara pecahan Uni Soviet. Dengan penyaluran lewat pipa, mereka bisa mendapat untung besar karena tidak membayar cukai serta bea impor.

Salah satu pipa miras terpanjang pernah ditemukan aparat pada 2004, untuk menyalurkan vodka ilegal berada antara Belarusia dan Lithuania. Panjang pipa tersebut mencapai 3,2 kilometer. Adapun pada 2008, pipa serupa ditemukan antara Rusia dan Estonia, dengan panjang 1,6 kilometer. Pengedar vodka di Kazakhstan pada 2013 turut kepergok aparat memakai distribusi pipa ilegal ke Kyrgyzstan.

Pemerintah Ukraina menyatakan siap menyelidiki lebih lanjut jaringan pipa di perbatasan Moldova. Mereka yakin, pipa yang ditemukan hanya bagian kecil dari upaya distribusi miras ilegal.