Home Uncategorized Netizen Jepang Geger, Selebtwit Biker Cewek Ternyata Lelaki 50 Tahun Pakai FaceApp

Netizen Jepang Geger, Selebtwit Biker Cewek Ternyata Lelaki 50 Tahun Pakai FaceApp

94
0
netizen-jepang-geger,-selebtwit-biker-cewek-ternyata-lelaki-50-tahun-pakai-faceapp

Akun @azusagakuyuki merupakan idaman netizen Jepang yang menggemari topik otomotif, khususnya sepeda motor. Dia dikenal karena senantiasa tersenyum saat meng-upload foto keliling Jepang naik motor sport 250 CC. Beberapa netizen mengaku jatuh cinta pada matanya yang cantik. Akun tersebut setahun terakhir berhasil mendapat lebih dari 20 ribu follower.

Ternyata identitas sang biker perempuan itu tak seperti yang disangka orang. Sosok aslinya adalah lelaki berusia 50 tahun memakai aplikasi FaceApp untuk mengubah sosoknya jadi perempuan di foto. Kabar ini segera menghebohkan pengguna Internet di Negeri Matahari Terbit. Ribuan orang terperdaya identitas palsu internet yang sering dijuluki praktik ‘catfishing’.

Sosok asli di balik akun @azusagakuyuki, dikuak oleh kru acara televisi Monday Late Show. Mereka berhasil melacak, dan mendeteksi, kalau si perempuan biker ini tampaknya bukan “manusia” asli. Hobi naik motor, senyum, hingga kepribadian ceria seperti ditampilkan dalam foto-foto akun @azusagakuyuki itu sebenarnya sungguhan. Namun, semua ini datangnya dari seorang lelaki paruh baya, bukan gadis muda berparas menawan.

Biker sebenarnya di balik akun @azusagakuyuki itu akhirnya bersedia diwawancarai kru TV, asal namanya tidak disebut. Dia mengaku bikin konten tiap hari hanya bermodal aplikasi FaceApp di hapenya. Aplikasi itu sempat ngetren tahun lalu, karena bisa mengubah drastis penampilan gender seseorang lewat proses editing sederhana.

Si om merasa fotonya berubah jadi perempuan berkat FaceApp amat menarik. Lalu dia memutuskan pakai foto editan itu untuk jadi ‘persona’ imut (alias kawaii) kontennya naik motor keliling Jepang.

“Saya mikir, kalau cewek biker kayak gini betulan ada, pasti banyak penggemarnya. Dugaan saya benar,” kata si om saat diwawancarai TV.

Dari berbagai penampilan si cewek imajiner di akun @azusagakuyuki, proses editing hanya melibatkan wajah. Rambut yang disemir, jaket, dan segala pernak-pernik lain tidak diubah sama sekali.

Sebetulnya, sebelum acara TV ini memicu geger, sebagian netizen sudah mulai bisik-bisik curiga @azusagakuyuki kayaknya bukan perempuan. Tapi diskusi itu tidak sampai viral banget. Pemicunya adalah keanehan twit pada 11 Februari 2021. Ada wajah yang tidak seperti perempuan tampak di spion.

Keanehan ini terdeteksi salah satu netizen yang iseng nge-zoom gambarnya karena merasa yang memotret bukan perempuan.

Sadar kalau identitasnya berisiko terkuak netizen cepat atau lambat, akun @azusagakuyuki akhirnya mengaku duluan ke TV. Pada 15 Maret lalu, si akun ngetwit minta follower-nya untuk nonton acara Monday Late Show, dilengkapi selfie penuh senyum manis (yang belakangan kita tahu sebenarnya hasil editan belaka).

Bukannya marah, para follower akun @azusagakuyuki justru sangat terhibur sama plot twist identitas idola mereka di medsos

“Sudah lama nih saya ga terhibur nonton TV sampai kayak gini,” tulis salah satu follower, mengenai identitas asli di balik akun biker cewek.

“Dua wajah itu sama-sama keren kok om, mau itu yang versi cewek ataupun versi asli,” tulis netizen lainnya.

Bahkan setelah acara TV itu tayang, ada banyak netizen Jepang akhirnya menjajal pakai FaceApp dan membuat akun Twitter dengan persona gender kebalikan.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Asia