Home Uncategorized Penjelajah Perseverance NASA Temukan Sampah dari Bumi di Permukaan Mars

Penjelajah Perseverance NASA Temukan Sampah dari Bumi di Permukaan Mars

32
0
penjelajah-perseverance-nasa-temukan-sampah-dari-bumi-di-permukaan-mars

NASA meluncurkan Perseverance untuk mempelajari kondisi lingkungan di Mars. Wahana penjelajah ini bertugas mengumpulkan sampel yang dapat memberikan gambaran seperti apa wilayah permukaannya di masa lalu, serta mencari tanda-tanda kehidupan di Planet Merah. Namun, ada kalanya objek aneh yang ditemukan Perseverance kemungkinan besar sampah milik warga Bumi, yang berasal dari pesawat luar angkasa.

CNET melansir, baru-baru ini, Perseverance menemukan benda mirip rumput liar, yang kemungkinan terbang saat wahana itu mendarat di Mars pada Februari tahun lalu. Objek berbentuk mi itu tertangkap kamera yang terpasang pada bagian kanan depan wahana. Gambarnya dibagikan tak lama setelah diambil Selasa pekan lalu.

Sebelumnya, pada Juni, Perseverance menemukan selimut termal yang teronggok di permukaan Mars. Benda itu tampaknya berfungsi sebagai perisai selama wahana memasuki, turun dan mendarat di planet.

Lalu ada gambar udara hasil jepretan helikopter kecil Ingenuity yang memperlihatkan rongsokan alat penurun wahana yang ditemukan dalam penjelajahan permukaan Mars yang ke-26 pada April lalu.

Puing-puing dalam gambar merupakan serpihan parasut dan cangkang supersonik, yang merupakan bagian dari alat penyangga bertenaga jet yang berfungsi menurunkan Perseverance ke permukaan. Ingenuity diangkut bersama Perseverance, dan menjadi wahana antariksa bertenaga pertama yang menjelajahi Planet Merah.

Segala penemuan ini menjadi pengingat betapa misi luar angkasa yang digalakkan manusia telah meninggalkan sampah di planet-planet yang dijelajahi. Namun, berkat wahana seperti Perseverance jugalah kita bisa mendapatkan banyak wawasan baru tentang Mars, serta mengintip seperti apa penampakan planet tersebut.